Strategi Sekolah Mengantisipasi Learning Loss Pasca Pandemi Covid 19 (Studi Kasus: Siswa Kelas XII di SMAN 2 Gunung Talang)

Saputra, Rio Ananda (2023) Strategi Sekolah Mengantisipasi Learning Loss Pasca Pandemi Covid 19 (Studi Kasus: Siswa Kelas XII di SMAN 2 Gunung Talang). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_Rio_Ananda_Saputra_18058238_2342_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh terjadi nya suatu peristiwa yang disebut dengan pandemi Covid-19. Peristiwa tersebut menyebabkan semua elemen yang ada di masyarakat mengalami perubahan yang cukup signfikan, mulai dari bidang ekonomi, sosial, budaya maupun pendidikan. Khusus dibidang pendidikan, pemerintah merubah sistem pendidikan yang dahulunya pembelajaran dilakukan secara tatap muka, kini pemerintah beralih kepembelajaran daring dan pembelajaran blended learning disebagian daerah di Indonesia. Hal ini menimbulkan beberapa permasalahan mulai dari sulitnya sekolah dalam beradaptasi bahkan menyebabkan peserta didik mengalami kesulitan dalam belajar dan mengakibatkan learning loss yang membuat kualitas lulusan sekolah mengalami penurunan. Oleh karena itu, penelitian ini melihat strategi SMA Negeri 2 Gunung Talang dalam mengantisipasi penurunan kualitas lulusan pasca pandemi Covid-19. Penelitian ini dianalisis menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan total 10 informan yang terdiri dari pejabat sekolah seperti kepala sekolah, perwakilan kurikulum, perwakilan siswa, guru konseling, dan guru pengajar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung ke lokasi penelitian yaitu SMA Negeri 2 Gunung Talang, mewawancarai informan yang ada di lapangan dengan cara memberikan beberapa pertanyaan mengenai masalah yang penulis hadapi dan melakukan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi data dari Miles dan Huberman. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori strukturalfungsional dari Talkott Parsons dengan skema A.G.I.L (Adaptasi, Tujuan, Integritas, dan Latensi). Teori ini memandang masyarakat sebagai sistem terpadu yang berfungsi satu sama lain. Jika satu sistem dalam masyarakat tidak berfungsi dengan baik, maka sistem lainnya akan mengalami masalah. Hasil penelitian ini adalah SMA Negeri 2 Gunung Talang melakukan beberapa strategi dalam mengantisipasi learning loss pada kualitas lulusan pasca pandemi Covid 19 diantaranya mengobtimalkan kegiatan intrakulikuler, coculikuler dan kegiatan intrakulikuler. Diantaranya membuat parenting class, memperbaiki kinerja guru, optimalisasi kurikulum merdeka, pembuatan tim kusus, melibatkan alumni, melaksanakan tambahan belajar dan perbaikan sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFernandes, RenoUNSPECIFIED
CorrectorSylvia, IkeUNSPECIFIED
CorrectorNurlizawati, NurlizawatiUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 27 Oct 2023 02:23
Last Modified: 27 Oct 2023 02:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47752

Actions (login required)

View Item View Item