Penyusunan Bibliografi Beranotasi Koleksi BahanBacaan Anak di Perpustakaan SMP Negeri 32 Padang

Shinta, Mutiara (2023) Penyusunan Bibliografi Beranotasi Koleksi BahanBacaan Anak di Perpustakaan SMP Negeri 32 Padang. Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
B.1_07_MUTIARA_SHINTA_20026069_6029_2023.pdf

Download (778kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) proses pembuatan bibliografi beranotasi koleksi bahan bacaan anak di Perpustakaan SMP Negeri 32Padang; (2) hasil uji coba produk bibliografi beranotasi koleksi bahan bacaananak di Perpustakaan SMP Negeri 32 Padang. Metode penulisan makalah tugasakhir ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui pengamatan langsung atau observasi dan wawancara. Jumlah data yang diperoleh saat melakukan pengamatan secara langsung yaitu 50 judul bahan bacaan anak dengan jumlah 108 eksemplar. Berdasarkan dari pembahasan makalah, dapat disimpulkan, Pertama, dalam pembuatan bibliografi beranotasi koleksi bahan bacaan anakdi Perpustakaan SMP Negeri 32 Padang dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu: (1) penentuan judul buku yang akan dibuat bibliografi beranotasi dengan melihat ketersediaan dan keterpakaian koleksi di Perpustakaan SMP Negeri 32 Padang; (2) pengumpulan bahan pustaka yang dilakukan secara langsung datangkeperpustakaan; (3) seleksi bahan pustaka, dilakukan penyeleksian pada seluruhkoleksi bahan bacaan anak di Perpustakaan SMP Negeri 32 Padang; (4) pengelompokkan atau klasifikasi, dilakukan agar terkumpul subjek yang sama; (5) pembuatan kata kunci, kata yang dipilih pada pembuatan kata kunci adalahkatayang menggambarkan konsep-konsep pengetahuan yang dibahas didalambukutersebut; (6) penyusunan indeks yang terdiri dari indeks pengarang, indeks judul, indeks kata kunci; (7) Pengetikan naskah bibliografi yang ditulis berdasarkanformat Ejaan Bahasa Indonesia (EBI) dengan menggunakan huruf Times NewRoman dengan ukuran 12 dan satu koma lima spasi; (8) pemeriksaan naskahakhir bibliografi, apakah sudah sesuai dengan standar Ejaan Bahasa Indonesia(EBI). Kedua, melakukan tahapan uji coba produk. Adapun beberapa kriteria uji coba yang dilakukan yaitu: (1) sampul produk; (2) gambar latar isi produk; (3) petunjuk penggunaan; (4) anotasi; (5) bahasa yang digunakan; (6) informasi yang disajikan; (7) pemanfaatan produk. Hasil uji coba produk bibliografi beranotasi koleksi bahan bacaan anak di Perpustakaan SMP Negeri 32 Padang memperoleh hasil 96% yang menjawab ‘’Ya’’, 4% yang menjawab ‘’Kurang’’ dan 0%yang menjawab ‘’Tidak’’, maka dapat disimpulkan bahwa produk bibliografi beranotasi koleksi bahan bacaan anak di Perpustakaan SMP Negeri 32 Padang sudah sesuai dengan penulisan dan standar ejaan yang digunakan dan diberika n keterangan ‘’Sangat Layak’’ digunakan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNelis, MaltaUNSPECIFIED
CorrectorErlianti, GustinaUNSPECIFIED
CorrectorArdoni, ArdoniUNSPECIFIED
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan - D3
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 27 Oct 2023 02:23
Last Modified: 27 Oct 2023 02:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47740

Actions (login required)

View Item View Item