Karakteristik Pemerolehan Bahasa Anak Autis Temper Tantrum: Studi Kasus Anak Usia 6 Tahun

Febrileno, Volan (2023) Karakteristik Pemerolehan Bahasa Anak Autis Temper Tantrum: Studi Kasus Anak Usia 6 Tahun. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_02_VOLAN_FEBRILENO_21174035_6778_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian tentang karakteristik pemerolehan bahasa anak autis temper tantrum sangat jarang dilakukan oleh peneliti, terutama pada karakteristik kelas kata. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidakmampuan subjek dalam menuturkan beberapa kosakata yang tergolong dalam karakteristik pemerolehan bahasa anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan:(1)karakteristik pemerolahan bahasa anak autis temper tantrum dilihat dari aspek berbahasa ekspresif, (2) karakteristik pemerolahan bahasa anak autis temper tantrum dilihat dari aspek berbahasa penguasaan medan makna, (3) karakteristik pemerolahan bahasa anak autis temper tantrum dilihat dari penguasaan kelas kata. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah bahasa yang diujarkan oleh Subjek, anak autis temper tantrum yang berusia 6 tahun.Data penelitian ini bersumber dari ujaran Subjek, anak autis temper tantrum. Penganalisisan data dilakukan dengan metode dikemukakan Miles dan Huberman dengan tiga tahap, yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan dari data. Berdasarkan temuan, penelitian diperoleh data sebanyak 124 tuturan yang terbagi dalam tiga karakteristik dan pemerolehan bahasa anak autis yang berusia enam tahun, yaitu (1) karakteristik bahasa ekspresif 50 tuturan, (2) penguasaan medan makna 29 tuturan, dan (3) penguasaan kelas kata 45 tuturan. Dari ketiga karakteristik pemerolehan bahasa tersebut yang paling banyak ditemukan adalah penguasaan kelas kata.Berdasarkan jumlah data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa(1) dilihat dari aspek pemerolehan bahasa ekspresif, subjek sudah menguasai kosakata berdasarkan ucapan, melaksanakan perintah, dan gerakan; (2)dari aspek medan makna, subjek sudah menguasai kosakata hubungan kekerabatan, nama benda, aktivitas sehari-hari, olahraga, transportasi;(3) pada aspek kelas kata, subjek menguasai empat kelas kata dari 12 jenis kelas kata, yaitu kata verba, adjektiva, nomina, dan numeralia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAgustina, AgustinaUNSPECIFIED
CorrectorSyahrul, SyahrulUNSPECIFIED
CorrectorLiusti, Siti AinimUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: BAHASA ANAK AUTIS, ANAK AUTIS TEMPER TANTRUM
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa danSastra Indonesia-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 25 Oct 2023 03:25
Last Modified: 25 Oct 2023 03:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47692

Actions (login required)

View Item View Item