Pemetaan Potensi Batu Kapur Menggunakan Citra Satelit Landsat 8 Oli di Sebagian Daerah Kecamatan Timpeh Kabupaten Dharmasraya

Roselini, Sabrina (2023) Pemetaan Potensi Batu Kapur Menggunakan Citra Satelit Landsat 8 Oli di Sebagian Daerah Kecamatan Timpeh Kabupaten Dharmasraya. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_SABRINA_ROSELINI_19331113_20_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Potensi batu kapur merupakan informasi penting yang dapat diperoleh dari data penginderaan jauh yang memiliki kelebihan dan kecepatan dalam hasil prosesnya. Penginderaan jauh merupakan teknologi yang mampu mengatasi permasalahan pengukuran data untuk informasi yang cepat dan akurat. Penelitian ini dilaksankan di sebagian daerah kecamatan Timpeh, kabupaten Dharmasraya menggunakan citra Landsat 8-OLI dengan tujuan untuk 1) mengetahui mengidentifikasi potensi batu kapur dengan menggunakan metode Band Ratio. 2) Bagaimana penerapan penginderaan jauh dalam pemetaan potensi batu kapur dengan menggunakan citra landsat 8 oli. Penelitian ini dilakukan dengan beberapa tahap yaitu Pre Processing yang meliputi koreksi radiometrik dan koreksi atmosferik, pemotongan citra sesuai daerah penelitian, dan processing yang meliputi pembuatan peta geologi, pembuatan peta bentuk lahan, pembuatan peta pola aliran sungai dan peta indeks vegetasi serta identifikasi batu kapur menggunakan metode band ratio RGB (5/4;6/3;4/2). Hasil identifikasi dilapangan pada daerah yang berpotensi batu kapur, dimana komposit RGB (Red Green Blue) dari band ratio 5/4;6/3;4/2 menunjukan bahwa keberadaan batu kapur ditandai dengan kenampakan objek berwana Coklat kehijauan. Didapat nilai piksel rata-rata untuk batu kapur dengan rasio band 5/4 yaitu 2,475 untuk rasio 6/3 yaitu 1.275 dan untuk rasio 4/3 yaitu 0,788. Pada penelitian ini di dapat luas potensi batu kapur pada daerah penelitian yaitu kurang lebih 2352,14564 ha.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAntomi, YudiUNSPECIFIED
CorrectorArif, Dian AdhetyaUNSPECIFIED
CorrectorPutri, Sri KandiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pemetaan Potensi Batu Kapur
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 25 Oct 2023 03:10
Last Modified: 25 Oct 2023 03:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47689

Actions (login required)

View Item View Item