Widiya, Widiya
(2023)
Pengaruh Media lnteraktif Video Kinemaster Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV SDN Gugus 1 Kecamatan Junjung Sirih Solok.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena belum digunakannya media pembelajaran yang kreatif dan inovatif dalam proses pembelajaran tematik terpadu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media interaktif video kinemaster terhadap basil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu kelas IV SDN Gugus 1 Kecamatan Junjung Sirih Solok.
Jenis penelitian adalah kuantitatif dalam quasi eksperimen desiqn. Dengan
desain nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Gugus 1 kecamatan junjung sirih kabupaten solok, yang terpilih sebagai sampel adalah kelas IV SD IT Dambaan Umat sebagai kelas eksperimen dan kelas IV SDN 10 Paninggahan sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa masing masing kelas 15 orang. Intrumen penelitian ini adalah tes objektif dengan jenis pilihan ganda.
Berdasarkan basil penelitian diperoleh nilai ratarata kelas eksperimen sebesar 81,53 standar deviasi yaitu 8,05 . Sedangkan nilai ratarata kelas kontrol sebesar 63,4 standar deviasi yaitu 18,95. Berdasarkan perhitungan ujit diperoleh thitung 3,22 sedangkan ttabel pada taraf kepercayaan a 0,05 adalah 2,048 sehingga thitung > ttabel• Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif
dan signifikan penggunaan media interaktif video kinemaster terhadap basil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu kelas IV SDN Gugus 1 kecamatan junjung sirih kabupaten solok
Actions (login required)
|
View Item |