Pembuatan Video Animasi Pengenalan Anggota Tubuh sebagai Media Literasi untuk Anak di Perpustakaan Umum Kota Padang

Rahmadana, Arya (2023) Pembuatan Video Animasi Pengenalan Anggota Tubuh sebagai Media Literasi untuk Anak di Perpustakaan Umum Kota Padang. Diploma thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
B.1_07_ARYA_RAHMADANA_20026018_5833_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Makalah tugas akhir ini dibuat untuk mendeskripsikan: (1) proses pembuatan video animasi sebagai media literasi anak, (2) pemanfaatan video animasi sebagai media literasi anak di Perpustakaan Umum Kota Padang. Makalah tugas akhir ini menggunakan jenis penulisan kualitatif dengan menggunakan metode deskripsi melalui pengamatan langsung ke lokasi dan wawancara serta pengumpulan data dengan cara membaca dan mempelajari sumber-sumber referensi dari buku, literatur, dan bahan kuliah yang berkaitan dengan permasalahan yang di bahas dalam makalah ini. Informan dalam penulisan makalah ini adalah pustakawan di Perpustakaan Umum Kota Padang dan pengunjung anak-anak. Berdasarkan dari pembahasan makalah, dapat disimpulkan. Pertama, proses pembuatan video animasi melalui beberapa tahap yaitu: (1) pra produksi, dalam tahapan pra produksi terdapat beberapa proses yaitu: (a) analisis kebutuhan sasaran dengan melakukan wawancara kepada pihak perpustakaan dan anak-anak di Perpustakaan Umum Kota Padang, (b) pembuatan rancangan yang mencakup draft/penyusunan materi dan perangkat lunak sebagai peralatan yang digunakan dalam pembuatan video animasi berupa aplikasi FlipaClip, Adobe Animaker Online, Kinemaster, dan Capcut; (2) perencanaan produksi, pada tahap ini yang harus dilakukan yaitu: (a) pembuatan karakter animasi menggunakan smartphone melalui aplikasi FlipaClip dan Adobe Animaker Online, (b) pemberian warna, (c) pemberian latar belakang, dan (d) proses animasi dengan teknik frame by frame; (3) pasca produksi, proses yang dilakukan pada tahap ini yaitu perekaman suara/dubbing untuk narasi atau karakter dalam video animasi, dan proses editing menggunakan aplikasi KineMater dan Capcut. Kedua, pemanfaatan video animasi, dengan melakukan penyerahan produk video animasi yang telah jadi atau siap pakai kepada pihak perpustakaan dan dimanfaatkan oleh pengunjung anak-anak dengan cara ditampilkan dan disimak secara bersama sebagai media literasi di ruangan anak Perpustakaan Umum Kota Padang. Sebelum melakukan pemanfaatan produk, terdapat beberapa proses yaitu validasi produk kepada pihak perpustakaan dan uji coba kepada anak-anak sebagai penilaian atau evaluasi, dengan cara memberikan angket kepada beberapa pengunjung anak-anak di Perpustakaan Umum Kota Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPrimadesi, YonaUNSPECIFIED
CorrectorNelisa, MaltaUNSPECIFIED
CorrectorNabila, JeihanUNSPECIFIED
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan - D3
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 25 Oct 2023 02:16
Last Modified: 25 Oct 2023 02:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47661

Actions (login required)

View Item View Item