Penggunaan Lahan (Land Use) : Studi Tentang Penggunaan Lahan di Sarasah Bunta, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota Tahun 2015-2022

Oston, Syifa Salsabilla (2023) Penggunaan Lahan (Land Use) : Studi Tentang Penggunaan Lahan di Sarasah Bunta, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota Tahun 2015-2022. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_SYIFA_SALSABILLA_OSTON_18046187_4056_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Penggunaan Lahan di Sarasah Bunta, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota Tahun 2015-2022. Perubahan penggunaan lahan yang terjadi di Sarasah yang semula lahannya belum produktif kemudian menjadi lahan yang produktif. Masalah penelitian ini dirumuskan sebagai berikut : (1) Mengapa terjadi perubahan lahan (land use) di Sarasah Bunta, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota. (2) Bagaimana perkembangan perubahan penggunaan lahan di Sarasah Bunta, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana perkembangan perubahan lahan (land use) yang terjadi di Sarasah Bunta dari tahun 2015-2022. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian sejarah. Penelitian kualitatif dilakukan untuk menghasilkan gambaran peristiwa dan proses yang terjadi di lapangan dan data yang dihasilkan dianalisis untuk memecahkan masalah penelitian. Adapun langkah- langkah yang digunakan dalam penelitian sejarah yaitu Heuristik, Kritik Sumber, Interpretasi, dan Historiografi. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa studi kepustakaan, studi kearsipan, dan wawancara. Perubahan lahan yang terjadi di Sarasah Bunta dikarenakan semula tanah di Sarasah Bunta ini adalah semak belukar yang belum bernilai ekonomi. Tanah di Sarasah Bunta adalah milik kaum suku Kuti Anyir, pada tahun 2000 dipecahlah tanah suku kaum dan dibagikan kepada kemenakannya. Dengan adanya objek wisata air terjun di Sarasah Bunta barulah Investor mencari lahan dan membeli lahan yang ada di Sarasah Bunta kepada pemilik lahan, sehingga lahan yang semula hanya semak belukar sekarang sudah berubah menjadi lahan yang produktif seperti bertambahnya Objek wisata, Home Stay, dan fasilitas lainnya. Hasil penelitian menjelaskan bahwa perkembangan penggunaan lahan di Sarasah Bunta terjadi setelah masuknya investor yang membeli dan mengolah lahan yang semula belum produktif menjadi lahan yang produktif yang saat ini banyak dimanfaatkan untuk pembangunan Home Stay, tempat Wisata dan lahan Pendidikan, yang saat ini telah menarik banyak pengunjung untuk berwisata ke Sarasah Bunta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAsri, ZulUNSPECIFIED
CorrectorFatimah, SitiUNSPECIFIED
CorrectorSyafrina, YeldaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGGUNAAN LAHAN (LAND USE)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 25 Oct 2023 02:10
Last Modified: 25 Oct 2023 02:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47654

Actions (login required)

View Item View Item