Pengolahan Getah Gambir Menjadi Industri Batik Sebagai Strategi Pengembangan Perekonomian Petani Gambir di Lumpo Pesisir Selatan (2013-2019)

Mardia, Sovi Aprilia (2023) Pengolahan Getah Gambir Menjadi Industri Batik Sebagai Strategi Pengembangan Perekonomian Petani Gambir di Lumpo Pesisir Selatan (2013-2019). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_SOVI_APRILLIA_MARDIA_18046184_1715_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang Pengolahan Getah Gambir Menjadi Industri Batik Sebagai Strategi Pengembangan Perekonomian Petani Gambir Di Lumpo Pesisir Selatan (2013-2019). Perkembangan Industri Batik dimulai pada tahun 2017 hingga 2020. Adapun permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana strategi pengolahan dan pengembangan batik gambir menjadi batik, di Nagari Ampuan Lumpo dari tahun 2013 hingga 2019. Tujuan dari penelitian in adalah untuk menjelaskan Pengolahan Getah Gambir Menjadi Industri Batik Sebagai Strategi Pengembangan Perekonomian Petani Gambir Di Lumpo Pesisir Selatan (2013- 2019). Penulisan skripsi mengenai Pengolahan Getah Gambir Menjadi Industri Batik Sebagai Strategi Pengembangan Perekonomian Petani Gambir Di Lumpo Pesisir Selatan (2013-2019). Penulisan ini menggunakan metode yang digunakan adalah metode sejarah melalui pengumpulan data atau heuristik, kritik, interpretasi, dan penulisan. Dalam memperoleh data primer atau sekunder, penulis melakukan dengan dua cara yaitu studi kepustakaan (library research) dan studi lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Rumah Batik di Ampuan Lumpo didirikan pada tahun 2013. Pengolahan batik diawali dengan getah gambir yang menjadi pewarna pada kain batik. Beberapa tahap dalam pengolahan Gambir menjadi pewarna batik yakni, proses pencucian, proses perebusan, proses penyaringan dan percetakan gambir sehingga menjadi pewarna. Pada awal berdirinya rumah batik Lumpo selaku founder Novita Hertini lebih menfokuskan untuk mengembangkan SDM (Sumber Daya Manusia) dengan bekerjasama dengan pemerintah untuk melaksanakan pelatihan membatik hal ini membawa hasil bertambah para pekerja batik. Memasuki tahun 2017 Batik Lumpo mulai mengalami perkembangan hal ini ditandai dengan berdirinya peresmian rumah batik Lumpo yang mendaptkan izin usaha dari pemerintah kabupaten Pesisir Selatan. Periode 2018-2019 batik Lumpo selalu eksis di tengah masyarakat dan mulai mendapatkan penghargaan dari presiden Republik Indonesia hingga menembus pasar nasional. Hadirnya rumah Batik Lumpo tentunya membuat perekonomian masyarakat khususnya petani Gambir dan para pekerja batik dapat meningkat kesejahteraan hidupnya hal ini dapat dilihat dari petani gambir dan para pekerja di Rumah Batik Lumpo dapat menyekolahkan anak-anaknya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRusdi, RusdiUNSPECIFIED
CorrectorFitrisia, AzmiUNSPECIFIED
CorrectorNajmi, NajmiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: GAMBARAN PERUBAHAN DARI TINGKAT TRADISIONAL
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 25 Oct 2023 02:10
Last Modified: 25 Oct 2023 02:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47652

Actions (login required)

View Item View Item