Sistem Kendali pada Alat Pengering Kerupuk Berbasis IoT Mengunakan Modul ESP32.

Fahmi, Rijalul (2023) Sistem Kendali pada Alat Pengering Kerupuk Berbasis IoT Mengunakan Modul ESP32. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_6_RIJALUL_FAHMI_19066027_5687_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Industri kerupuk mengalami kemajuan pesat karena dapat dilihat kerupuk sudah banyak mulai dijual di toko-toko yang besar, ini merupakan kemajuan dari industri dan hasil dari riset untuk menemukan bahan baku alternatif untuk kerupuk, tidak luput pula varian rasa dan kemasan dari kerupuk membuat kerupuk makin banyak diminati sebagai pendamping makan atau untuk cemilan. Alat pengering kerupuk dibuat dengan ESP32 sebagai proses kendali kontroler, Bot Telegram sebagai menerima pesan kondisi alat dan mengirim perintah ke ESP32, perintahnya yaitu menghidupkan pemanas dan mengatur waktu pemanas, Sensor DHT11 untuk pendeteksi suhu dan kelembapan, Limit switch sebagai pembatas dalam membuka dan membuka wadah yang dikendalikan oleh motor power window, Rain sensor sebagai pendeksi air hujan yg mengenai sensor, Motor power window sebagai pembuka dan penutup wadah, Drvier motor sebagai pengontrol motor power window, auto buck booster sebagai penurun tegangan, dan LCD sebagai tampilan dan memberikan infomasi mengenai status, Wi-fi, bot Telegram suhu, kelembapan dan timer, Power Supply sebagai pemberi daya ke beberapa komponen, Hairdryer digunakan menaikkan suhu dan mengurangi kelembapan, Lampu sebagai penerang serta juga memberikan suhu panas, fan berfungsi penstabil kelembapan ruangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAnori, SartikaUNSPECIFIED
CorrectorEdidas, EdidasUNSPECIFIED
CorrectorZulwisli, ZulwisliUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGERING KERUPUK, INDUSTRI, TELEGRAM
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektronika - D3
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 24 Oct 2023 07:44
Last Modified: 24 Oct 2023 07:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47643

Actions (login required)

View Item View Item