Penerapan Nilai-Nilai Karakter melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Tari di SMA Negeri 9 Padang

Anjani, Revi (2023) Penerapan Nilai-Nilai Karakter melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Tari di SMA Negeri 9 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_06_REVI_ANJANI_19023036_7198_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan nilai-nilai karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler tari di SMA Negeri 9 Padang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 9 Padang pada kelas 10,11,12 yang berjumlah 11 peserta didik. Instrumen yang utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan alat pendukung yaitu alat tulis, smartphone, dan flashdisk. Jenis data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Langkah-langkah dalam menganalisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan nilai-nilai karakter yang dilakukan selama 7 kali pertemuan berjalan dengan baik dan lancar. Adapun hasil penerapan nilai karakter dapat dikatakan sebagai berikut: 1) nilai karakter religius sudah terlaksana dengan cukup baik, hal ini ditunjukkan oleh sikap peserta didik yang berakhlak mulia dengan membantu sesama, 2) nilai karakter disiplin sudah terlaksana dengan baik, hal ini ditunjukkan oleh sikap peserta didik yang kompak dalam melakukan gerakan Tari Ratoh Jaroe dengan tempo cepat, 3) nilai karakter cinta tanah air sudah terlaksana dengan sangat baik, hal ini ditunjukkan oleh sikap peserta didik yang selalu bersemangat mempelajari gerak Tari Ratoh Jaroe, 4) nilai karakter rasa ingin tahu sudah terlaksana dengan baik, hal ini ditunjukkan oleh sikap peserta didik yang antusias mempelajari gerak yang menantang, dan 5) nilai karakter tanggung jawab sudah terlaksana dengan baik, hal ini ditunjukkan oleh sikap peserta didik yang hafal dan konsentrasi dalam melakukan gerak Tari Ratoh Jaroe untuk membangun kekompakan. Dengan demikian, disimpulkan bahwa Tari Ratoh Jaroe yang dibelajarkan pada kegiatan ekstrakurikuler tari mampu menerapkan 5 nilai karakter pada peserta didik di SMA Negeri 9 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAstuti, FujiUNSPECIFIED
CorrectorDarmawati, DarmawatiUNSPECIFIED
CorrectorIndrayuda, IndrayudaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: EKSTRAKURIKULER TARI
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 24 Oct 2023 02:30
Last Modified: 24 Oct 2023 02:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47620

Actions (login required)

View Item View Item