Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Kota Sungai Penuh

Agustin, Reva (2023) Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Kota Sungai Penuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_REVA_AGUSTIN_19016120_6854_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 2 Kota Sungai Penuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen the one group pretest-postest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Kota Sungai Penuh yang terdaftar pada tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah 212 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 4 yang berjumlah 34 orang yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 2 Kota Sungai Penuh sebelum dan sesudah menggunakan model discovery learning. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes keterampilan menulis teks eksposisi. Selanjutnya, data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, dan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas X SMA Negeri 2 Kota Sungai Penuh sebelum menggunakan model discovery learning berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan nilai rata-rata 59,57. Kedua, keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 2 Kota Sungai Penuh sesudah menggunakan model discovery learning berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 79,40. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf kepercayaan dan derajat kebebasan (dk) = (n-1) karena thitung>ttabel (8,89>1,80). Dengan kata lain, model discovery learning berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 2 Kota Sungai Penuh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyahrul R, Syahrul RUNSPECIFIED
CorrectorAtmazaki, AtmazakiUNSPECIFIED
CorrectorNoveria, EnaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODEL DISCOVERY LEARNING, KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 23 Oct 2023 07:12
Last Modified: 23 Oct 2023 07:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47607

Actions (login required)

View Item View Item