Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Course Review Horay di Kelas V SDN 14 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat

Aufa, Sopia (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Course Review Horay di Kelas V SDN 14 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_SOPIA_AUFA_19129064_3751_2023.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik dikarenakan pendidik belum menggunakan model pembelajaran yang tepat, pembelajaran masih berpusat pada pendidik terlihat bahwa pendidik mendominasi kegiatan pembelajaran, sehingga peserta didik kurang terlibat dalam menemukan permasalahan-permasalahan kontekstual yang sedang dipelajari, dan menyebabkan proses pembelajaran monoton dan membosankan. Adapun salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menerapkan model pembelajaran yang menyenangkan yang diselingi permainan sehingga peserta didik aktif dan semangat mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Cooperative Learning tipe Course Review Horay di kelas V SDN 14 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat . Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SDN 14 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Setiap siklus memiliki empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah Pendidik dan peserta didik yang berjumlah 31 orang, terdiri dari orang 1 7 laki-laki dan 14 orang perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan menggunakan observasi, tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: a) RPP siklus I dengan rata-rata 87 ,50 % (B) dan pada siklus II meningkat menjadi 95,45% (A), b) Pelaksanaan pada aspek pendidik pada siklus I dengan rata-rata 85,22% (B) dan meningkat pada siklus II menjadi 93, 18% (A), pelaksanaan pada aspek peserta didik pada siklus I dengan rata-rata 81,82 (B) dan meningkat pada siklus II menjadi 93,18% (A). Rata-rata hasil belajar siklus I 77,64 dan meningkat pada siklus II menjadi 87,95. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Cooperative Learnirng Tipe Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZuryanty, ZuryantyUNSPECIFIED
CorrectorErita, YeniUNSPECIFIED
CorrectorAndika, RefionaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 23 Oct 2023 01:35
Last Modified: 23 Oct 2023 01:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47592

Actions (login required)

View Item View Item