Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Teams Games Tournament (TGT) di Kelas V SD Negeri 04 Garegeh Kota Bukittinggi

Aprianti, Sonia (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Teams Games Tournament (TGT) di Kelas V SD Negeri 04 Garegeh Kota Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_SONIA_APRIANTI_19129168_5162_2023.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu yang dilakukan oleh guru, sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar peserta didik di kelas V SD Negeri 04 Garegeh Kota Bukittinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan model Teams Games Tournament (TGT) di kelas V SD Negeri 04 Garegeh Kota Bukittinggi. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V yang berjumlah 20 orang. J enis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Di setiap siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, dan nontes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan, pada siklus I dimulai dengan hasil analisis penyusunan: a) RPP menunjukkan rata-rata 81,9 (C) dan siklus II menjadi 94,4 (A), b) Pelaksanaan aspek guru siklus I rata-rata 82,2 (C), dan siklus II diperoleh rata-rata 96,4 (A), sedangkan pelaksanaan aspek peserta didik siklus I rata-rata 82,2 (C) dan siklus II menjadi 96,4 (A), dan c) Penilaian terhadap hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 79,1 (C) dan siklus II rata-rata 92,2 (A). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWaldi, AtriUNSPECIFIED
CorrectorRahmatina, RahmatinaUNSPECIFIED
CorrectorSuriani, AriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 23 Oct 2023 01:35
Last Modified: 23 Oct 2023 04:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47591

Actions (login required)

View Item View Item