Aprianti, Sonia
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran
Tematik Terpadu Menggunakan Model Teams Games Tournament (TGT) di Kelas V SD Negeri 04 Garegeh Kota Bukittinggi.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu yang dilakukan oleh guru, sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar peserta didik di kelas V SD Negeri 04 Garegeh Kota Bukittinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan model Teams Games Tournament (TGT) di kelas V SD Negeri 04 Garegeh Kota Bukittinggi.
Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V yang berjumlah 20 orang. J enis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Di setiap siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, dan nontes.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan, pada siklus I dimulai
dengan hasil analisis penyusunan: a) RPP menunjukkan rata-rata 81,9 (C) dan siklus II menjadi 94,4 (A), b) Pelaksanaan aspek guru siklus I rata-rata 82,2 (C), dan siklus II diperoleh rata-rata 96,4 (A), sedangkan pelaksanaan aspek peserta didik siklus I rata-rata 82,2 (C) dan siklus II menjadi 96,4 (A), dan c) Penilaian terhadap hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 79,1 (C) dan siklus II rata-rata 92,2 (A). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.
Actions (login required)
|
View Item |