Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas V B SD N 17 Sungai Pandahan Kabupaten Pasaman

Mardaleni, Siska (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas V B SD N 17 Sungai Pandahan Kabupaten Pasaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_SISKA_MARDALENI_19129063_3121_2023.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan-kenyataan yang ditemukan di lapangan yaitu pada awal pembelajaran guru tidak memancing rasa ingin tahu peserta didik dengan mengajukan pertanyaan atau memajang gambar di depan kelas. Peserta didik masih kurang berpikir secara kritis dan inovatif, Peserta didik tidak dilibatkan secara langsung pada permasalahan nyata yang dibahas, Peserta didik tidak dilibatkan dalam bekerja sama dengan teman yang lain di dalam kelas, berdasarkan kenyataan dilapangan peserta jarang dilibatkan dalam bekerja sama secara berkelompok. dan guru kurang memberikan permasalahan-permasalahan nyata yang dekat dengan lingkungan peserta didik sehingga proses pembelajaran kurang bermakna bagi peserta didik. Sehingga hal semacam ini berdampak kepada hasil belajar peserta didik yang masih rendah. Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar pesertadidik menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada pembelajarantematik terpadu di kelas VB SD N egeri 17 Sungai Pandahan Kabupaten Pasaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan pendekatan yang digunakan yaitu kualititatif dan kuantitati£ Prosedur penelitian yaitu terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi dan hasil tes. Penelitian dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian yaitu guru dan peserta didik kelas V B SD N egeri 17 Sungai Pandahan Kabupaten Pasaman dimana tercatat peserta didik sebanyak 20 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam a) Perencanaan siklus I memperoleh rata-rata 87,45% (B) kemudian meningkat pada siklus II menjadi 91 % (SB), b) pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru, siklus I memperoleh rata-rata 82, 1 % (B) dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 92,8% (SB) dan pada aspek peserta didik, siklus I memperoleh rata-rata 82,1 % (B) kemudian mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 92,8% (SB), c) hasil belajar peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata nilai 76,81 (C) kemudian meningkat pada siklus II menjadi 89,73 (B). Dapat disimpulkan bahwa dengan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik kelas V SD Negeri 17 Sungai Pandahan Kabupaten Pasaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAlwi, Nur AzmiUNSPECIFIED
CorrectorAnita, YesiUNSPECIFIED
CorrectorDesyandri, DesyandriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 23 Oct 2023 01:34
Last Modified: 23 Oct 2023 01:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47590

Actions (login required)

View Item View Item