Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Quantum Teaching di Kelas IV SD Negeri 09 Enam Lingkung Ka bupaten Padang Pariaman

Indriani, Silfi (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Quantum Teaching di Kelas IV SD Negeri 09 Enam Lingkung Ka bupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_SILFI_INDRIANI_18129209_2298_2023.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan yang ditemukan di sekolah, yaitu hasil belajar peserta didik rendah. Hasil belajar peserta didik rendah disebabkan oleh RPP yang digunakan guru masih kurang dalam pemetaan KD, indikator, tujuan pembelajaran, dan penggunaan KKO. RPP yang digunakan guru kurang terlihat proses pembelajaran tematik terpadu dan langkah-langkah model belum terlihat. Minimnya guru dalam mengembangkan model pembelajaran, peserta didik kurang memperhatikan guru dalam pembelajaran. Peserta didik kurang antusias dalam membahas materi, peserta didik kurang percaya diri dalam mengemukakan pendapatnya, dan peserta didik kurang bersemangat dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Quantum Teaching di kelas IV SD Negeri 09 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini dilaksananakan dengan model Quantum Teaching di kelas IV SD Negeri 09 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV yang berjumlah 22 orang. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Di setiap siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, tes, dan non tes. Hasil penelitian siklus I RPP diperoleh rata-rata 84,09% (B) dan meningkat pada siklus II 95,45% (A). Pelaksanaan pada aktivitas guru siklus I rata-rata 85% (B) dan meningkat pada siklus II 92,5% (A). Pelaksanaan pada aktivitas peserta didik siklus I rata-rata 85% (B) dan meningkat pada siklus II 92,5% (A). Hasil penilaian belajar peserta didik siklus I diperoleh rata-rata 71,97 (C) dan meningkat pada siklus II 84,23 (B). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil pembelajaran tematik terpadu peserta didik di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHamimah, HamimahUNSPECIFIED
CorrectorSukma, ElfiaUNSPECIFIED
CorrectorAmini, RisdaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 20 Oct 2023 08:44
Last Modified: 20 Oct 2023 08:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47588

Actions (login required)

View Item View Item