Hanifah, Rahmi
(2023)
Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Video Animasi Menggunakan Aplikasi Adobe Premiere Pro
di Kelas IV Sekolah Dasar.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang tersedianya media
pembelajaran yang bervariasi dan tidak berbasis IT sehingga menyebabkan pola pembelajaran konvensional yang mana pembelajaran berpusat kepada guru dan peserta didik hanya menerima informasi. Media pembelajaran yang cenderung digunakan adalah media pembelajaran yang terbuat dari kertas dan berupa gambar yang menjadi pajangan di ruang kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis video animasi menggunakan aplikasi Adobe Premiere Pro pada pembelajaran tematik terpadu yang valid dan
praktis.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahap dalam pengembanganya, yaitu analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), penerapan (implementation), dan evaluasi (evaluation). Pengumpulan data menggunakan lembar validasi dan angket respon. Lembar validasi terdiri dari lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli bahasa, dan lembar validasi ahli media/grafik. Angket respon terdiri dari angket respon guru dan angket respon peserta didik. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah 20 orang yang terdiri dari 10 laki-laki dan 10 perempuan di kelas IV SDN
11 VII Koto Sungai Sarik.
Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi menggunakan aplikasi Adobe Premiere Pro yang dikembangkan memperoleh tingkat validitas 90,7% untuk materi, 93,7% untuk kebahasan dan
88,3% untuk media dengan kategori sangat valid. Hasil angket respon guru memperoleh presentase kepraktisan 95,8%. Sedangkan hasil angket respon peserta didik dengan presentase kepraktisan 95%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis video animasi menggunakan aplikasi Adobe Premiere Pro pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SD telah dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.
Actions (login required)
|
View Item |