Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Video Animasi Menggunakan Aplikasi Adobe Premiere Pro di Kelas IV Sekolah Dasar

Hanifah, Rahmi (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Video Animasi Menggunakan Aplikasi Adobe Premiere Pro di Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_RAHMI_HANIFAH_18129030_3151_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang tersedianya media pembelajaran yang bervariasi dan tidak berbasis IT sehingga menyebabkan pola pembelajaran konvensional yang mana pembelajaran berpusat kepada guru dan peserta didik hanya menerima informasi. Media pembelajaran yang cenderung digunakan adalah media pembelajaran yang terbuat dari kertas dan berupa gambar yang menjadi pajangan di ruang kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis video animasi menggunakan aplikasi Adobe Premiere Pro pada pembelajaran tematik terpadu yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahap dalam pengembanganya, yaitu analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), penerapan (implementation), dan evaluasi (evaluation). Pengumpulan data menggunakan lembar validasi dan angket respon. Lembar validasi terdiri dari lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli bahasa, dan lembar validasi ahli media/grafik. Angket respon terdiri dari angket respon guru dan angket respon peserta didik. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah 20 orang yang terdiri dari 10 laki-laki dan 10 perempuan di kelas IV SDN 11 VII Koto Sungai Sarik. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi menggunakan aplikasi Adobe Premiere Pro yang dikembangkan memperoleh tingkat validitas 90,7% untuk materi, 93,7% untuk kebahasan dan 88,3% untuk media dengan kategori sangat valid. Hasil angket respon guru memperoleh presentase kepraktisan 95,8%. Sedangkan hasil angket respon peserta didik dengan presentase kepraktisan 95%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis video animasi menggunakan aplikasi Adobe Premiere Pro pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SD telah dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArwin, ArwinUNSPECIFIED
CorrectorAstimar, NellyUNSPECIFIED
CorrectorSukma, ElfiaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 20 Oct 2023 08:44
Last Modified: 20 Oct 2023 08:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47587

Actions (login required)

View Item View Item