Elite Lokal dan Perubahan Sosial pada Masyarakat Marginal Perkotaan (Studi Kasus : Peran Elite Lokal Tanah Ombak di Purus III Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat)

Adinda, Putri (2023) Elite Lokal dan Perubahan Sosial pada Masyarakat Marginal Perkotaan (Studi Kasus : Peran Elite Lokal Tanah Ombak di Purus III Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_PUTRI_ADINDA_18058097_4130_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan perubahan sosial yang terjadi dengan cepat di Tanah Ombak (studi kasus: Peran Elite Lokal Tanah Ombak di Purus III Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat). Hal menarik bahwa adanya perubahan yang dibawa oleh komunitas pemberdayaan literasi dan seni Tanah Ombak yang diterima oleh masyarakat marginal yang dikenal dengan julukan gang setan dan masyarakatnya yang tertutup. Penelitian ini dianalisis dengan teori elite Pareto & Mosca dalam menjawab pertanyaan penelitian. Pareto menggunakan konsep “elite” untuk menekankan ketidaksetaraan kualitas individu dalam setiap lingkungan kehidupan sosial. Pareto membagi masyarakat kepada dua lapisan yakni lapisan rendah (non-elite) dan lapisan tinggi (elite). Selanjutnya Pareto membagi elite kepada dua kriteria, yakni: governing elite dan non-governing elite. Lain halnya dengan Mosca yang membagi masyarakat kepada kelas yang berkuasa (elite) dan kelas yang dikuasai (massa). Pareto dan Mosca menyadari bahwa “elite yang memerintah” terdiri dari kelompok kelompok sosial yang berbeda. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Pemilihan informan dilakukan secara teknik purposive sampling dengan 12 orang informan. Pengumpulan data melalui: observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Untuk menguji kredibilitas data dari penelitian digunakan teknik triangulasi data. Data dianalisis dengan model Miles dan Huberman dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. II Hasil penelitian menunjukan bahwa perubahan yang dibawa oleh Komunitas Tanah Ombak dapat diterima oleh masyarakat karena perubahan tersebut digerakan oleh elite yang berasal dari dalam masyarakat itu sendiri. Pak Syuhendri bersama dengan beberapa pemuda pemudi yang mendiami gang setan berhasil membuat gerakan perubahan pada kultur masyarakat menjadi berdaya. perubahan masyarakat gang Tanah Ombak dapat dilihat dengan jelas terutama dari dimensi kultural baik dari segi material dan non-material. Elite yang menjadi aktor kunci dalam gerakan perubahan ini adalah Pak Syuhendri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPutra, Eka VidyaUNSPECIFIED
CorrectorAmri, EmizalUNSPECIFIED
CorrectorSyafrina, DelmiraUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: ELITE LOKAL DAN PERUBAHAN SOSIAL
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 20 Oct 2023 08:39
Last Modified: 20 Oct 2023 08:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47574

Actions (login required)

View Item View Item