Maryana, Oni Sartika
(2023)
Pengembangan Media Pembelajaran
Video Animasi Pop-Up Book untuk Membantu Siswa dalam Mengidentifikasi
Kesinambungan dan Perubahan Peristiwa Sejarah.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Keterampilan berpikir mengidentifikasi kesinambungan dan perubahan
dalam peristiwa sejarah merupakan salah satu keterampilan historical thingking
yang harus dimiliki oleh siswa. Keterampilan berpikir kesinambungan dan
perubahan ini dapat ditingkatkan dengan menggunakan salah satu media yaitu
media pembelajaran video animasi pop-up book. Penelitian ini bertujuan untuk
membantu siswa dalam mengidentifikasi kesinambungan dan perubahan peristiwa
sejarah. Manfaat penelitian ini dapat memudahkan guru dalam menyampaikan
materi sejarah dan peserta didik dapat dengan mudah memahami dan
mengidentifikasi kesinambungan dan perubahan dalam peristiwa sejarah.
Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research and Development)
dengan menggunakan model ADDIE yang mengembangankan media pembelajaran
video animasi pop-up book untuk membantu siswa dalam mengindentifikasi
kesinambungan dan perubahan peristiwa sejarah. Uji validasi dilakukan oleh ahli
materi dan ahli media. Uji praktikalitas dilakukan oleh guru sejarah dan siswa SMA
N 13 Padang kelas X/ Fase E2 dengan menggunakan angket.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) media pembelajaran video
animasi pop-up book ini dirancang menggunakan software photoshop cs6,
Microsoft power point, dan VN. (2) Kelayakan media prembelajaran video animasi
pop-up book dapat dikategorikan sangat layak digunakan untuk membantu siswa
dalam meningkatkan keterampilan mengidentifikasi kesinambungan dan perubahan
peristiwa sejarah. (3) Praktikalitas media pembelajaran video animasi pop-up book
secara keseluruhan pada kategori sangat praktis
Actions (login required)
|
View Item |