Perancangan Sistem Informasi Pencatatan Surat Masuk dan Surat Keluar Berbasis Microsoft Access di Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Sumatera Barat

Yassy, Ladiva Azzahra Putri (2023) Perancangan Sistem Informasi Pencatatan Surat Masuk dan Surat Keluar Berbasis Microsoft Access di Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img] Text
B_07_LADIVA_AZZAHRA_PUTRI_YASSY_20026055_7093_2023.pdf

Download (0B)

Abstract

Pencatatan surat masuk dan surat keluar di Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Sumatera Barat masih dicatat secara manual dalam buku agenda. Hal ini dapat menyebabkan beberapa masalah seperti terjadinya kesalahan penginputan data, serta kesulitan dalam melakukan analisis dan laporan tahunan. Penulisan makalah ini bertujuan untuk merancang sistem informasi pencatatan surat masuk dan surat keluar berbasis Microsoft Access dalam menangani pencatatan surat masuk dan surat keluar yang ada di Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Sumatera Barat. Metode penulisan yang digunakan dalam pembuatan makalah ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara dan studi pustaka. Perancangan sistem informasi ini menghasilkan fitur atau menu aplikasi form surat masuk dan surat keluar, menampilkan laporan surat dan surat keluar, dan mencetak surat masuk dan surat keluar. Aplikasi divalidasi melalui tiga tahap validasi yaitu validasi dari aspek isi/konten, validasi dari aspek desain, dan validasi dari aspek tata bahasa. Aplikasi yang telah di validasi kemudian di uji kepada responden yang merupakan staff di Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Sumatera Barat. Berdasarkan hasil kuesioner uji coba yang telah dilakukan, sepuluh responden memberikan jawaban “ya” dengan hasil 100% pada setiap pertanyaan dalam kuesioner. Dari uji coba yang dilakukan, pencatatan surat masuk dan surat keluar berbasis microsoft access dengan kekhalayakan pemakaian aplikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArdoni, ArdoniUNSPECIFIED
CorrectorMarlini, MarliniUNSPECIFIED
CorrectorErlianti, GustinaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: SISTEM INFORMASI, PENCATATAN SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan - D3
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 20 Oct 2023 04:01
Last Modified: 20 Oct 2023 04:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47542

Actions (login required)

View Item View Item