Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Pembelajaran The Power of Two di KeJas V SDN 09 Padang Panjang Barat, Kota Padang Panjang

Putri, Marsya Yolanda (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Pembelajaran The Power of Two di KeJas V SDN 09 Padang Panjang Barat, Kota Padang Panjang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_MARSYA_YOLANDA_PUTRI_18129192_3242_2023.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik yang rendah dan kurang optimalnya pelaksanaan pembelajran tematik terpadu yang dilakukan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasilbelajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model The Power of Two. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, yakni siklus I dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan sedangkan siklus II dilaksanakan dengan 1 kali pertemuan. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah semua peserta didik kelas V SD Negeri 9 Padang Panjang Barat Kota Padang Panjang dengan 9 peserta didik laki-laki dan 11 peserta didik perempuan. Keberhasilan rencana pelaksanaan pembelajaran, pelaksanaan kegiatan pembelajaran, dan hasil belajar dapat diperoleh dengan lembar observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil pengamatan RPP siklus I yaitu 82% dengan kualifikasi Baik (B), meningkat pada siklus II menjadi 94% dengan kualifikasi Sangat Baik (SB). Ini juga terlihat pada rata-rata hasil pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru siklus I adalah 81 % dengan kualifikasi Baik (B) meningkat pada siklus II menjadi 94% dengan kualifikasi Sangat Baik (SB). Pada aktivitas peserta didik didapat rata-rata siklus I yaitu 79,5% dengan kualifikasi Baik (B) meningkat pada siklus II menjadi 94% dengan kualifikasi Sangat Baik (SB). Hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 71,5 dengan kualifikasi Cukup (C) meningkat pada siklus II menjadi 83, 7 dengan kualifikasi Baik (B). berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model The Power of Two dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SD Negeri 9 Padang Panjang Barat Kota Padang Panjang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFarida, FaridaUNSPECIFIED
CorrectorMuhammadi, MuhammadiUNSPECIFIED
CorrectorReinita, ReinitaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 20 Oct 2023 02:56
Last Modified: 20 Oct 2023 04:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47540

Actions (login required)

View Item View Item