Majid, M Thoriq
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Script di Kelas V SD Negeri 02 Sariak Laweh Kabupaten Lima Puluh Kota.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu belum terlaksana secara efektif dan optimal sehingga hasil belajar peserta didik masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model Cooperative Learning Tipe Script di kelas V SD Negeri 02
Sariak Laweh Kabupaten Lima Puluh Kota.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif pada peserta didik kelas V. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah lembar tes dan lembar nontes.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dibuktikan dari hasil analisis a) rata-rata RPP siklus I yaitu 85% dengan kualifikasi baik (B), meningkat pada siklus II menjadi 94,44% dengan kualifikasi sangat baik (SB), b) pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru, siklus I 84,25% dengan kualifikasi baik (B) meningkat pada siklus II 93,75% dengan kualifikasi sangat baik (SB) dan pada aspek peserta didik siklus I 84,25% dengan kualifikasi baik (B) meningkat pada siklus II 93,75% dengan kualifikasi sangat baik (SB). c) Hasil belajar peserta didik siklus I memperoleh nilai 83,35 dengan kualifikasi baik (B) dan meningkat pada siklus II menjadi 91 dengan kualifikasi baik (B). Dapat disimpulkan bahwa dengan model Cooperative Learning Tipe Script dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SD Negeri 02 Sariak Laweh Kabupaten Lima Puluh Kota.
Actions (login required)
|
View Item |