Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Script di Kelas V SD Negeri 02 Sariak Laweh Kabupaten Lima Puluh Kota

Majid, M Thoriq (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Script di Kelas V SD Negeri 02 Sariak Laweh Kabupaten Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_M_THORIQ_MAJID_19129252_3093_2023.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu belum terlaksana secara efektif dan optimal sehingga hasil belajar peserta didik masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model Cooperative Learning Tipe Script di kelas V SD Negeri 02 Sariak Laweh Kabupaten Lima Puluh Kota. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif pada peserta didik kelas V. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah lembar tes dan lembar nontes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dibuktikan dari hasil analisis a) rata-rata RPP siklus I yaitu 85% dengan kualifikasi baik (B), meningkat pada siklus II menjadi 94,44% dengan kualifikasi sangat baik (SB), b) pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru, siklus I 84,25% dengan kualifikasi baik (B) meningkat pada siklus II 93,75% dengan kualifikasi sangat baik (SB) dan pada aspek peserta didik siklus I 84,25% dengan kualifikasi baik (B) meningkat pada siklus II 93,75% dengan kualifikasi sangat baik (SB). c) Hasil belajar peserta didik siklus I memperoleh nilai 83,35 dengan kualifikasi baik (B) dan meningkat pada siklus II menjadi 91 dengan kualifikasi baik (B). Dapat disimpulkan bahwa dengan model Cooperative Learning Tipe Script dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SD Negeri 02 Sariak Laweh Kabupaten Lima Puluh Kota.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZuardi, ZuardiUNSPECIFIED
CorrectorMuhammadi, MuhammadiUNSPECIFIED
CorrectorMansurdin, MansurdinUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 20 Oct 2023 02:55
Last Modified: 20 Oct 2023 02:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47539

Actions (login required)

View Item View Item