Pengembangan Media Berbasis Aplikasi Sway di dalam Pembelajaran IPAS Pada Kurikulum Merdeka di Kelas IV Sekolah Dasar

Chasanah, Laeli Ru'yatul (2023) Pengembangan Media Berbasis Aplikasi Sway di dalam Pembelajaran IPAS Pada Kurikulum Merdeka di Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_LAELI_RU'YATUL_CHASANAH_19129245_3648_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di dasarkan pada masalah guru belum sepenuhnya merangkul media pembekajaran berbasis teknologi seperti aplikasi Sway. Di SD Negeri 12 Sungai Lareh telah menerapkan kurikulum merdeka berdasarkan temuan observasi dan wawancara. N amun demikian, guru belum menggunakan media dalam pembelajaran. Guru masih menggunakan buku sumber, sehingga peserta didik kurang tertarik dan sulit memahami materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran kelas IV SD yang valid dan praktis berbasis aplikasi Sway. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Terdiri dari lima tahap dalam model pengembangan ADDIE adalah analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Lembar validasi, angket respon, dan lembar penilaian digunakan dalam pengumpulan data. Lembar validasi terdiri dari validasi ahli media, lembar validasi ahli bahasa, dan lembar validasi ahli materi. Angket respon terdiri dari angket respon guru dan angket respon peserta didik. Peserta didik sebagai subjek uji coba pada penelitian ini adalah 26 orang yang terdiri dari 9 perempuan dan 17 laki-laki di kelas IV SD Negeri 12 Sungai Lareh. Hasil penelitian ini memperoleh tingkat validasi 82% untuk materi dengan kategori valid, 88,56% untuk media dengan kategori sangat valid, dan 82% untuk bahasa dengan kategori valid. Hasil angket respon guru diperoleh 98% dengan kategori sangat praktis. Sedangkan hasil angket respon peserta didik diperoleh 94% dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis aplikasi Sway pada pembelajaran IPAS kurikulum merdeka di Sekolah Dasar telah dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorErita, YeniUNSPECIFIED
CorrectorZuardi, ZuardiUNSPECIFIED
CorrectorAndika, RefionaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 20 Oct 2023 02:54
Last Modified: 20 Oct 2023 02:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47535

Actions (login required)

View Item View Item