Pengembangan Multimedia lnteraktif Dengan Menggunakan Software Adobe Flash CS6 Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V Sekolah Dasar

Yuliani, Indah Eva (2023) Pengembangan Multimedia lnteraktif Dengan Menggunakan Software Adobe Flash CS6 Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_INDAH_EVA_YULIANI_18129116_1651_2023.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurang tersedianya media pembelajaran yang kurang bervariasi dan tidak berbasis IT sehingga menyebabkan pola pembelajaran masih berpusat kepada guru dan peserta didik hanya menerima informasi. Media pembelajaran yang cenderung digunakan adalah media pembelajaran yang terbuat dari kertas dan berupa gambar yang menjadi pajangan di ruangan kelas. Sehingga, peserta didik kurang tertarik dan sulit memahami materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan muhimedia interaktif dengan menggunakan software Adobe Flash CS6 pada pembelajaran termatik terpadu yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan MDLC. Model pengembangan MDLC terdiri dari enam tahap dalam pengembangannya, yaitu concept (konsep), design (perancangan), material collecting (pengumpulan bahan), assembly (pembuatan), testing (pengujian), distribution (distriousi/penyebaran). Pengumpulan data menggunakan lembar validasi dan angket respon. Lembar validasi terdiri dari lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli kebahasaan, dan lembar validasi ahli media. Angket respon terdiri angket respon guru dan angket respon peserta didik. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah 12 peserta didik kelas V SDN 17 Jawa Gadut pada uji coba kelompok kecil dan 24 peserta didik kelas V SDN 15 Ulu Gadut pada uji coba kelompok besar. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran yang dikembangkan memperoleh tingkat validitas 88,3% untuk materi, 87,5% untuk kebahasaan dan 94,16 untuk media dengan kategori sangat valid. Hasil angket respon di sekolah menujukkan bahwa media pembelajaran telah sangat praktis dengan hasil angket di sekolah uji coba kelompok kecil yaitu SDN 17 Jawa Gadut rrenunjukkan persentase kepraktisan 91,66% untuk respon guru dan 97 ,08% untuk respon peserta didik dengan kategori sangat praktis. Sedangkan hasil respon guru dan peserta didik pada sekolah uji coba kelompok besar yaitu sekolah SDN 15 Ulu Gadut menujukkan persentase kepraktisan 95,83% untuk respon guru dan 98,12% untuk respon peserta didik dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif dengan menggunakan software Adobe Flash CS6 pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V Sekolah Dasar telah dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorErita, YeniUNSPECIFIED
CorrectorZuardi, ZuardiUNSPECIFIED
CorrectorRahmatina, RahmatinaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 20 Oct 2023 02:52
Last Modified: 20 Oct 2023 02:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47526

Actions (login required)

View Item View Item