Susanti, Novia
(2023)
Strategi Pembelajaran Guru Fiqih
dalam Mengajarkan Materi Fiqih yang Bersifat Khilafiyah di Madrasah Tarbiyah
Islamiyah Paraman Ampalu.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penulisan skripsi ini berangkat dari masih banyaknya santri di Madrasah
Tarbiyah Islamiyah Paraman Ampalu yang belum mengerti dan paham tentang
materi fiqih yang bersifat khilafiyah. Merujuk dari latar belakang masalah tersebut
maka penulis tertarik untuk mengkaji lebih dalam mengenai strategi pembelajaran
guru fiqih dalam mengajarkan materi fiqih yang bersifat khilafiyah di Madrasah
Tarbiyah Islamiyah Paraman Ampalu.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui materi apakah dalam mata
pelajaran fiqih yang bersifat khilafiyah di Madrasah Tarbiyah Islamiyah Paraman
Ampalu, kemudian untuk mengetahui strategi pembelajaran guru fiqih dalam
mengajarkan materi fiqih yang bersifat khilafiyah di Madrasah Tarbiyah
Islamiyah Paraman Ampalu, dan apa kendala yang dihadapi guru fiqih dalam
mengajarkan materi fiqih yang bersifat khilafiyah di Madrasah Tarbiyah Islamiyah
Paraman Ampalu.
Jenis penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah Field
Research (penelitian lapangan). Sedangkan metode penelitian yang penulis
gunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pendekatan
deskriptif adalah penelitian yang menggambarkan suatu gejala, peristiwa, kejadian
yang terjadi pada saat ini, dengan kata lain pendekatan deskriptif mengambil
masalah-masalah aktual bagaimana adanya saat penelitian ini dilakukan. Sumber
data penelitian ini terdiri dari dari data primer dan data sekunder, adapun untuk
sumber data primer yaitu guru fiqih di Madrasah Tarbiyah Islamiyah Paraman
Ampalu, untuk sumber data sekunder yaitu pimpinan Madrasah Tarbiyah
Islamiyah Paraman Ampalu, wakil kurikulum, serta santri kelas X, XI dan XII
Madrasah Tarbiyah Islamiyah Paraman Ampalu.
Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa materi fiqih yang bersifat
khilafiyah yang dipelajari di Madrasah Tarbiyah Islamiyah Paraman Ampalu pada
kelas X, XI dan XII tingkat Aliah tentang zakat barang tambang dan barang
temuan (rikaz), nisab barang yang dicuri, had mencuri, had meminum khamar,
had perampok, penyamun dan perompak dan hukum asuransi dalam Islam.
Sedangkan strategi pembelajaran guru fiqih dalam mengajarkan materi fiqih yang
bersifat khilafiyah di Madrasah Tarbiyah Islamiyah Paraman Ampalu guru fiqih
menggunakan strategi pembelajaran langsung dengan metode ceramah serta
mengajarkan materi fiqih yang bersifat khilafiyah dengan penuh toleransi.
Kendala yang dihadapi guru fiqih dalam mengajarkan materi fiqih yang bersifat
khilafiyah di Madrasah Tarbiyah Islamiyah paraman ampalu yang pertama
pertama pada guru fiqih sendiri, yakni kurang mampunya guru fiqih dalam
membangun pemahaman para santri. Kedua, terkait sarana dan prasarana, karna sarana dan prasarana untuk media pembelajaran masih terbatas maka guru fiqih
hanya menggunakan metode pembelajaran sederhana dan kurang bervariasi.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan bagi
Madrasah Tarbiyah Islamiyah Paraman Ampalu terkait strategi pembelajaran guru
fiqih dalam mengajarkan materi fiqh yang bersifat khilafiyah di Madrasah
Tarbiyah Islamiyah Paraman Ampalu.
Actions (login required)
|
View Item |