Strategi Pembelajaran Guru Fiqih dalam Mengajarkan Materi Fiqih yang Bersifat Khilafiyah di Madrasah Tarbiyah Islamiyah Paraman Ampalu

Susanti, Novia (2023) Strategi Pembelajaran Guru Fiqih dalam Mengajarkan Materi Fiqih yang Bersifat Khilafiyah di Madrasah Tarbiyah Islamiyah Paraman Ampalu. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_Novia_Susanti_17329031_1592_2023.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penulisan skripsi ini berangkat dari masih banyaknya santri di Madrasah Tarbiyah Islamiyah Paraman Ampalu yang belum mengerti dan paham tentang materi fiqih yang bersifat khilafiyah. Merujuk dari latar belakang masalah tersebut maka penulis tertarik untuk mengkaji lebih dalam mengenai strategi pembelajaran guru fiqih dalam mengajarkan materi fiqih yang bersifat khilafiyah di Madrasah Tarbiyah Islamiyah Paraman Ampalu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui materi apakah dalam mata pelajaran fiqih yang bersifat khilafiyah di Madrasah Tarbiyah Islamiyah Paraman Ampalu, kemudian untuk mengetahui strategi pembelajaran guru fiqih dalam mengajarkan materi fiqih yang bersifat khilafiyah di Madrasah Tarbiyah Islamiyah Paraman Ampalu, dan apa kendala yang dihadapi guru fiqih dalam mengajarkan materi fiqih yang bersifat khilafiyah di Madrasah Tarbiyah Islamiyah Paraman Ampalu. Jenis penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah Field Research (penelitian lapangan). Sedangkan metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pendekatan deskriptif adalah penelitian yang menggambarkan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi pada saat ini, dengan kata lain pendekatan deskriptif mengambil masalah-masalah aktual bagaimana adanya saat penelitian ini dilakukan. Sumber data penelitian ini terdiri dari dari data primer dan data sekunder, adapun untuk sumber data primer yaitu guru fiqih di Madrasah Tarbiyah Islamiyah Paraman Ampalu, untuk sumber data sekunder yaitu pimpinan Madrasah Tarbiyah Islamiyah Paraman Ampalu, wakil kurikulum, serta santri kelas X, XI dan XII Madrasah Tarbiyah Islamiyah Paraman Ampalu. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa materi fiqih yang bersifat khilafiyah yang dipelajari di Madrasah Tarbiyah Islamiyah Paraman Ampalu pada kelas X, XI dan XII tingkat Aliah tentang zakat barang tambang dan barang temuan (rikaz), nisab barang yang dicuri, had mencuri, had meminum khamar, had perampok, penyamun dan perompak dan hukum asuransi dalam Islam. Sedangkan strategi pembelajaran guru fiqih dalam mengajarkan materi fiqih yang bersifat khilafiyah di Madrasah Tarbiyah Islamiyah Paraman Ampalu guru fiqih menggunakan strategi pembelajaran langsung dengan metode ceramah serta mengajarkan materi fiqih yang bersifat khilafiyah dengan penuh toleransi. Kendala yang dihadapi guru fiqih dalam mengajarkan materi fiqih yang bersifat khilafiyah di Madrasah Tarbiyah Islamiyah paraman ampalu yang pertama pertama pada guru fiqih sendiri, yakni kurang mampunya guru fiqih dalam membangun pemahaman para santri. Kedua, terkait sarana dan prasarana, karna sarana dan prasarana untuk media pembelajaran masih terbatas maka guru fiqih hanya menggunakan metode pembelajaran sederhana dan kurang bervariasi. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan bagi Madrasah Tarbiyah Islamiyah Paraman Ampalu terkait strategi pembelajaran guru fiqih dalam mengajarkan materi fiqh yang bersifat khilafiyah di Madrasah Tarbiyah Islamiyah Paraman Ampalu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMurniyetti, MurniyettiUNSPECIFIED
CorrectorAlfurqan, AlfurqanUNSPECIFIED
CorrectorSatria, RenggaUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 20 Oct 2023 02:52
Last Modified: 20 Oct 2023 02:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47525

Actions (login required)

View Item View Item