Peningkatan Basil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas V SD Negeri 03 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat

Romadia, Faiz (2023) Peningkatan Basil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas V SD Negeri 03 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_FAIZ_ROMADIA_18129012_3317_2023.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang rendah dikarenakan kegiatan pembelajaran berpusat pada guru, sehingga peserta didik kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran, peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran dan RPP yang dibuat guru kurang mengembangkan model pembelajaran yang dapat membangkitkan semangat dan keaktifan. Akibatnya peserta didik didalam kelas terlihat monoton dan kurang mampu dalam menentukan masalah dan cara penyelesaiannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dengan model Problem Based Learning pada pembelajaran tematik terpadu. J enis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan sebanyak II siklus, dimana siklus I terdiri 2 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 kali pertemuan. Di setiap siklus memiliki empat tahap yaitu penelitian perancanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada Semester II Tahun Ajaran 2021/2022. Subjek penelitian adalah guru selaku observer, peneliti selaku praktisi, dan peserta didik kelas V sebanyak 21 orang yang terdiri dari 7 orang peserta didik laki-laki dan 14 orang peserta didik perempuan. Hasil penelitian siklus I pada RPP rata-rata 78,5% (cukup ), meningkat pada siklus II menjadi 92,85% (sangat baik). Pelaksanaan siklus I pada aktivitas guru rata-rata 82,1 % (Baik), meningkat pada siklus II menjadi 96,42% (sangat baik). Pelaksanaan siklus I pada aktivitas peserta didik rata-rata 80,25% (baik), meningkat pada siklus II menjadi 96,42% (sangat baik). Hasil belajar peserta didik pada siklus I rata-rata 74,22 (cukup), meningkat pada siklus II menjadi 85,6 (baik). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di SD Negeri 03 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEliyasni, RifdaUNSPECIFIED
CorrectorZainil, MelvaUNSPECIFIED
CorrectorAmini, RisdaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 20 Oct 2023 01:41
Last Modified: 20 Oct 2023 01:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47518

Actions (login required)

View Item View Item