Analisis Zona Karakter Ekologis dan Elemen Penyusun Landskap di Kawasan Pariwisata Geoheritage Lembah Harau Kabupaten Lima Puluh Kota

Hamdani, Muhammad (2023) Analisis Zona Karakter Ekologis dan Elemen Penyusun Landskap di Kawasan Pariwisata Geoheritage Lembah Harau Kabupaten Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_Muhammad_Hamdani_14045007_1141_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakter ekologis dan elemen penyusun lanskap di kawasan pariwisata Geoheritage Lembah Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota. Jenis penelitian kuantitatif deskriptif yaitu berupa penelitian dengan metode atau pendekatan studi kasus. Data dianalisis menggunakan teknik ovelay dengan aplikasi ArcGis dan studi literatur. Hasil penelitian menemukan bahwa zona ekologis di kawasan Geoheritage Lembah Harau terbagi menjadi tiga zona ekologis yaitu, zona ekologis rendah, zona ekologis sedang, dan zona ekologis tinggi. Geoheritage Lembah Harau berada pada zona didominasi oleh zona ekologis sedang yaitu seluas 41,2 km 2 atau sebanyak 52% dari total keseluruhan luas area Lembah Harau, dimana pada wilayah ini harus dilakukan pengelolaan yang berbasis pada kelestarian alam untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan/bencana alam. Berdasarkan hasil identifikasi lanskap, elemen-elemen penyusun dari kawasan Geoheritage Lembah Harau memiliki fitur alami seperti, hutan, air terjun, perbukitan, dan tebing. Sementara itu, fitur buatan yang ada di kawasan Geoheritage Lembah harau berupa, permukiman, perkebunan, dan pertanian. Karakter lanskap di kawasanGeoheritage Lembah Harau didominasi oleh fitur alami.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorErnawati, ErnawatiUNSPECIFIED
CorrectorAntomi, YudiUNSPECIFIED
CorrectorWilis, RatnaUNSPECIFIED
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 19 Oct 2023 02:38
Last Modified: 19 Oct 2023 02:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47492

Actions (login required)

View Item View Item