Sari, Siska Permata
(2023)
Hubungan Self-Regulated Learning dengan Perencanaan Karir Siswa.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Kemampuan siswa dalam merencanakan karir hams dimulai dengan kemampuan untuk melakukan eksplorasi karir dari dalam dirinya sendiri. Permasalahan yang sering terjadi di kalangan siswa SMA yaitu siswa belum mampu merencanakan karir dan kurang menggali informasi mengenai karir. Perencanaan karir dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah self-regulated learning. Penelitian ini bertujuan untuk: ( 1) mendeskripsikan self-regulated learning siswa, (2) mendeskripsikan perencanaan karir siswa, dan (3) menguji hubungan self-regulated learning siswa dengan perencanaan karir siswa.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan
deskriptif korelasional jenis simetris. Populasi penelitian adalah siswa SMAN 4
Bukittinggi sebanyak 889 orang siswa, dengan jumlah sampel sebanyak 276 orang yang dipilih dengan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen self-regulated learning dan instrumen perencanaan karir yang disusun dengan berpedoman kepada model ska/a likert. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan teknik korelasional pearson product moment.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: ( 1) tingkat self-regulated learning
siswa berada pada kategori tinggi dengan persentase 70,4%, (2) tingkat perencanaan karir siswa berada pada kategori tinggi dengan persentase 69%, (3) terdapat hubungan yang signifikan antara self-regulated learning dengan perencanaan karir siswa dengan koefisien korelasi 0,436 yang berada pada kategori sedang dan signifikansi 0,000. Jadi, hasil ini menunjukkan bahwa siswa SMAN 4
Bukittinggi memiliki self-regulated learning dan perencanaan karir yang tinggi dan terdapat hubungan positif signifikan antara self-regulated learning dan perencanaan karir.
Actions (login required)
|
View Item |