Putri, Moni Dwi
(2023)
Persepsi Siswa SMA Tentang Game Online.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan data yang dikumpulkan untuk siswa yang kurang memikirkan dampak game online dalam belajamya, kurang waktu belajar dan sosialisasi, sering datang terlambat, membolos saat jam pembelajaran dan siswa yang ketergantungan pada aktivitas bermain game online. Penelitian ini berrtujuan untuk (1) mendeskripsikan persepsi siswa tentang game online dilihat dari aspek kognitif, (2) mendeskripsikan persepsi siswa tentang game online dilihat dari aspek afektif, (3) mendeskripsikan persepsi siswa tentang game online dilihat dari aspek konatif.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi penelitian yaitu siswa kelas X, XI, dan XII SMA Negeri 1 Rao. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 1060 orang siswa yang terdaftar pada tahun ajaran 2022/2023 dengan sampel sebanyak 290 orang dengan teknik proporsional random sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) persepsi siswa SMA tentang game online di SMA Negeri 1 Rao berdasarkan aspek kognitif berada pada tingkat kurang positif dengan persentase 42,4%, (2) persepsi siswa SMA tentang game online di SMA Negeri 1 Rao berdasarkan aspek afektifberada pada tingkat kurang positif dengan persentase 48,3%, dan (3) persepsi siswa SMA tentang game online di SMA Negeri 1 Rao berdasarkan aspek konatifberada pada tingkat kurang positif dengan persentase 42,4%.
Actions (login required)
|
View Item |