Hubungan Attachment Ibu dan Anak dengan Agresivitas pada Siswa di Sekolah Menengah Atas

Diyani, Khoririn (2023) Hubungan Attachment Ibu dan Anak dengan Agresivitas pada Siswa di Sekolah Menengah Atas. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_KHORIRIN_DIYANI_18006277_391_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Agresivitas merupakan suatu perilaku baik verbal maupun non verbal yang ditujukan kepada seseorang dengan maksud atau tujuan untuk melukai seseorang, baik seeara fisik, maupun psikis, serta merusak harta benda maupun fasilitas umum. Pada penelitian ini ditemukan bahwa siswa SMAN 1 Keeamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota ada yang menunjukkan perilaku agresivitas. Salah satu faktor yang mempengaruhi agresivitas yaitu attachment atau kelekatan antara ibu dan anak. Anak yang memiliki attachment yang rendah dengan ibunya akan eenderung menunjukkan perilaku agresif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) attachment ibu dan anak, 2) agresivitas siswa, dan 3) menguji hubungan attachment ibu dan anak dengan agresivitas siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelasional. Populasi pada penelitian ini yaitu 877 siswa SMAN 1 Kee. Guguak yang terdaftar pada tahun ajaran 2022/2023 dan masih memiliki ibu kandung, sampel penelitian sebanyak 288 siswa, dipilih melalui stratified random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu angket attachment ibu dan anak dan agresivitas pada siswa. Data dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif dan teknik pearson product moment untuk mengetahui hubungan attachment ibu dan anak dengan agresivitas pada siswa melalui program statistic SPSS for Windows release 20.0. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa siswa SMAN 1 Kee. Guguak memiliki kategori tingkat attachment yang tinggi antara ibu dan anak dengan persentase 56,94% sedangkan untuk agresivitas berada pada kategori rendah dengan persentase 60,42%. Hasil analisis korelasi menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan negatif antara attachment ibu dan anak dengan agresivitas siswa, dengan nilai r hitung sebesar -0,288 dan taraf signifikansi 0,00. Artinya semakin tinggi attachment ibu dan anak pada siswa maka semakin rendah agresivitas pada siswa. Sebaliknya semakin rendah attachment ibu dan anak pada siswa maka semakin tinggi agresivitas pada siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSukma, DinaUNSPECIFIED
CorrectorNirwana, HermanUNSPECIFIED
CorrectorZahri, Triave NuzilaUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 18 Oct 2023 08:39
Last Modified: 18 Oct 2023 08:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47476

Actions (login required)

View Item View Item