Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Perilaku Prososial Siswa

Yanti, Indah Mida (2023) Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Perilaku Prososial Siswa. Skripsi thesis, Univesitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_INDAH_MIDA_YANTI_18006274_1_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Perilaku prososial didefinisikan sebagai tindakan sukarela yang dimaksudkan untuk membantu atau memberi keuntungan pada individu atau sekelompok individu. Perilaku prososial penting dimiliki pada kalangan remaja agar dapat berinteraksi dan diterima dalam lingkungan sosial, akan tetapi pada kenyataannya masih banyak siswa yang kurang mencerminkan perilaku prososial di lingkungan sekolah seperti kurang mau membantu teman, kurang menunjukan empati kepada teman. Salah satu faktor yang mempengaruhi perilaku prososial adalah kecerdasan emosional. Penelitian ini bertujua untuk: (1) mendeskripsikan kecerdasan emosional siswa (2) mendeskripsikan perilaku prososial siswa (3) menguji apakah terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan perilaku prososial siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian berjumlah 970 orang, dengan sampel sebanyak 284 orang yang dipilih menggunakan teknik Stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket model skala likert. Untuk melihat hubungan kedua variabel dianalisis dengan rumus Pearson Correlation Product Moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa: ( 1) kecerdasan emosional siswa berada pada kategori sedang, (2) perilaku prososial siswa berada pada kategori rendah, dan (3) terdapat hubungan yang positif signifikan antara kecerdasan emosional dengan perilaku prososial siswa dengan rxy = 0,481. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif signifikan antara kecerdasan emosional dengan perilaku prososial. Artinya semakin tinggi kecerdasan emosional maka semakin tinggi pula perilaku prososial yang dimiliki siswa begitu sebaliknya apabila kecerdasan emosional rendah maka perilaku prososial akan rendah pula.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSano, AfrizalUNSPECIFIED
CorrectorAhmad, RiskaUNSPECIFIED
CorrectorHariko, RezkiUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 18 Oct 2023 08:38
Last Modified: 18 Oct 2023 08:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47471

Actions (login required)

View Item View Item