Kekerabatan Bahasa Rejang di Kelurahan Kepala Siring Kecamatan Curup Tengah Kabupaten Rejang Lebong dan Bahasa Minangkabau di DesaBatang Kabung Kecamatan Pariaman Timur Kota Pariaman

Aini, Aisyah Nurul (2023) Kekerabatan Bahasa Rejang di Kelurahan Kepala Siring Kecamatan Curup Tengah Kabupaten Rejang Lebong dan Bahasa Minangkabau di DesaBatang Kabung Kecamatan Pariaman Timur Kota Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_02_AISYAH_NURUL_AINI_19017035_6855_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam pelaksanaan studi penelitian ini adalah (1) untuk menentukan bagaimana tingkat persentase antara kekerabatan bahasa-bahasa yang akan diteliti pada wilayah tersebut; (2) untuk menentukan lama waktu pisah antara bahasa-bahasa yang diteliti pada wilayah tersebut; dan (3) untuk mendeskripsikan bagaimana korespondensi bunyi antara bahasa-bahasa yang diteliti di wilayah tersebut. Selanjutnya, dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan metode kualitatif. Metode kuatitatif digunakan untuk menentukan persentase tingkat kekerabatan kedua bahasa dan menentukan lama waktu pisah. Sedangkan, metode kualitatif digunakan untuk menentukan korespondensi bunyi kedua bahasa. Objek yang dianalisis di dalam pelaksanaan studi penelitian ini adalah bahasa Rejang di Kelurahan Kepala Siring Kecamatan Curup Tengah Kabupaten Rejang Lebong dan bahasa Minangkabau di Desa Batang Kabung Kecamatan Pariaman Timur Kota Pariaman. Instrumen penelitian ini terdapat 200 kosakata dasar Morris Swadesh dan 300 kosakata budaya yang telah disusun dan disesuaikan dengan kondisi wilayah pada tempat wilayah bahasa tersebut digunakan. Penelitian ini menggunakan metode cakap yang mana diketahu bahwa didalam mengumpulkan data penelitian. Persentase tingkat kekerabatan kedua bahasa dihitung dengan menggunakan metode leksikostatistik adalah sebesar 38,5%. Sedangkan, lama waktu pisahnya adalah selama 2200 tahun yang lalu atau sekitar 177 SM. Adapun didalam Jumlah kosakata kognat dari kedua bahasa ini berdasarkan 500 kosakata adalah sebanyak 210 kosakata. Serta ditemukan lima bentuk korespondensi bunyi antarbahasa, yaitu 40 kosakata kesamaan bentuk, 59 penggantian bunyi atau lebih sering dikenal dengan fonem, 38 kosakata pengurangan bunyi atau lebih sering dipahami sebagai fonem, 72 kosakata penambahan bunyi/fonem, dan 1 kosakata metatesis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorErmanto, ErmantoUNSPECIFIED
CorrectorAgustina, AgustinaUNSPECIFIED
CorrectorNgusman, NgusmanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KEKERABATAN BAHASA REJANG
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 18 Oct 2023 08:38
Last Modified: 18 Oct 2023 08:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47468

Actions (login required)

View Item View Item