Analisis Tingkat Pemahaman Diri Siswa SMA Negri 2 Tilatang Kamang

Fajri, Hayatun Nisa (2023) Analisis Tingkat Pemahaman Diri Siswa SMA Negri 2 Tilatang Kamang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_HAYATUN_NISA_FAJRI_18006153_2928_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena lapangan yang ada di sekolah dimana banyak siswa yang tidak memiliki pemahaman diri, kebanyakan siswa tidak memahami kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya, baik dalam aspek minat, abilitas, kepribadian, dan sikap. Memahami diri sendiri bukan untuk membuat individu menjadi kecewa setelah mengetahui kelemahan yang dimilikinya melainkan individu dapat mengembangkan pribadinya secara optimal dan memiliki karakteristik yang positif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana tingkat pemahaman diri siswa dari berbagai aspek: minat, abilitas, kepribadian dan sikap. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 285 orang siswa yang terdaftar pada tahun ajaran 2022/2023 dengan sampel sebanyak 166 orang, yang dipilih dengan Teknik simple random sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket pemahaman diri dengan model skala likert. Data diolah menggunakan Teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemahaman diri siswa di SMA Negeri 2Tilatang Kamang berada pada kategori sedang dengan presentase 59,09%. Berdasarkan aspeknya pemahaman diri dikategorikan: ( 1) aspek minat berada pada kategori rendah 38,6%, (2) aspek abilitas berada pada kategori tinggi 43,4%, (3) aspek kepribadian berada pada kategori sedang 48,2%, (4) aspek sikap berada pada kategori tingi yaitu 45,8%. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan guru BK dapat memberikan bantuan berupa layanan informasi, layanan konseling individual, layanan bimbingan kelompok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArdi, ZadrianUNSPECIFIED
CorrectorAfdal, AfdalUNSPECIFIED
CorrectorHariko, RezkiUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 18 Oct 2023 08:23
Last Modified: 18 Oct 2023 08:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47466

Actions (login required)

View Item View Item