Hubungan antara Strategi Ekspositori dengan Keaktifan Warga Belajar pada Mata Pelajaran PKN Paket C SPNF-SKB Wilayah II Kota Padang.

Risti, Putri Maipita (2023) Hubungan antara Strategi Ekspositori dengan Keaktifan Warga Belajar pada Mata Pelajaran PKN Paket C SPNF-SKB Wilayah II Kota Padang. Skripsi thesis, Univesitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_PUTRI_MAIPITA_RISTI_19005083_4951_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan warga belajar dalam proses pembelajaran di SPNF SKB Wilayah II Kota Padang, dikarenakan tutor menggunakan strategi ekspositori dalam pembelajaran belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran penerapan strategi ekspositori yang dipergunakan oleh tutor dalam pembelajaran, melihat gambaran keaktifan warga belajar dalam pembelajaran, dan untuk melihat hubungan antara strategi ekspositori dengan keaktifan warga belajar pada mata pelajaran PKN Paket C SPNF-SKB Wilayah II Kota Padang. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi penelitian ini yakni semua warga belajar Paket C SPNF SKB Wilayah II Kota Padang yang berjumlah 116 responden. Sedangkan sampel diambil dengan teknik stratified random sampling yakni 50% (58). Teknik pengumpulan data dengan angket yang disebarkan secara langsung dan juga melalui google form. Sedangkan teknik analisis data yang dipergunakan rumus persentase dan product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tutor dalam penggunaan strategi ekspositori belum optimal. Warga belajar masih memiliki keaktifan yang rendah dalam pembelajaran. Dan terdapatnya hubungan yang signifikan antara strategi ekspositori dengan keaktifan warga belajar. Sarannya yakni tutor dapat memperbaiki penerapan strategi ekspositori agar warga belajar dapat memahami pembelajaran dan warga belajar juga dapat aktif dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNatsir, MuhammadUNSPECIFIED
CorrectorAini, WirdatulUNSPECIFIED
CorrectorAzizah, ZahratulUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 18 Oct 2023 07:37
Last Modified: 18 Oct 2023 07:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47454

Actions (login required)

View Item View Item