Pertukaran Sosial Komunitas Motor Klasik dengan Penjual Angkringan di Nagari Sungai Duo Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya

Khoirunnisa, Nia (2023) Pertukaran Sosial Komunitas Motor Klasik dengan Penjual Angkringan di Nagari Sungai Duo Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_NIA_KHOIRUNNISA_18058031_1881_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana pertukaran sosial yang terjadi antara penjual angkringan dengan anggota komunitas motor klasik di Nagari Sungai Duo Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya. Penelitian ini dilatar belakangani oleh kertarikan peneliti dalam melihat interaksi yang terjadi antara komunitas motor klasik dengan penjual angkringan karena angkringan tersebut adalah satu-satunya angkringan yang berada di Nagari Sungai Duo. Untuk menjelaskan permasalahan penelitian ini teori yang digunakan adalah teori pertukaran sosial dari George C. Homans. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe studi kasus. Teknik pemilihan informan dilakukan dengan cara purposive sampling dengan jumlah informan sebanyak 12 orang yaitu 7 orang dari anggota komunitas motor klasik dan 5 orang dari penjual angkringan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumen. Untuk meriksa keabsahan data penelitian ini penulis menggunakan triangulasi data. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan model interaktif yang dikembangkan oleh Milles dan Huberman. Hasil temuan menunjukkan bahwa pertukaran sosial yang terjadi antara anggota komunitas motor klasik dengan penjual angkringan di Nagari Sungai Duo Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya terbagi menjadi empat yaitu pertukaran sosial yang bersifat simbiotik, pertukaran dalam kegiatan sosial, pertukaran sosial dalam bentuk tenaga atau jasa, serta pertukaran dalam bentuk bonus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIkhwan, IkhwanUNSPECIFIED
CorrectorErianjoni, ErianjoniUNSPECIFIED
CorrectorMardhiah, DesyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PERTUKARAN SOSIAL KOMUNITAS MOTOR KLASIK
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 18 Oct 2023 06:59
Last Modified: 18 Oct 2023 06:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47447

Actions (login required)

View Item View Item