Irvan, Muhammad
(2023)
Pengaruh Penggunaan Game Edukasi Educandy terhadap Kemampuan Goi Siswa SMAN 6 Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Banyak siswa yang kesulitan untuk menguasai goi ketika belajar bahasa
Jepang. Salah satu tantangan dalam mempelajari bahasa Jepang adalah jumlah goi
yang banyak. Peneliti menemukan bahwa siswa kesulitan dalam menguasai goi
berdasarkan hasil observasi saat melakukan Praktik Pengalaman Lapangan
Kependidikan (PPLK) di SMA Negeri 6 Padang dan wawancara dengan guru bahasa
Jepang di sekolah tersebut. Hal ini disebabkan oleh kurangnya minat dan motivasi
siswa dalam mempelajari goi. Akibatnya, kemampuan siswa dalam mempelajari goi
menjadi berkurang. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran yang dapat
menarik minat siswa dan memudahkan siswa dalam mempelajari goi. Hal ini dapat
diatasi dengan penggunaan media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk melihat bagaimana pengaruh media edukasi terhadap kemampuan goi siswa
kelas X SMA Negeri 6 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif
dengan desain eksperimen dengan posttest only control group design. Data
dikumpulkan dari sampel penelitian yang berjumlah 72 orang dari kelas X MIPA 3
dan X MIPA 2. Berdasarkan hasil uji independent sample t-test, dapat disimpulkan
bahwa H1 diterima pada tingkat sig 0,0045 < 0,05, yang berarti bahwa kemampuan
goi siswa pada kelas eksperimen lebih unggul dibandingkan dengan kemampuan goi
siswa pada kelas kontrol. Dengan kata lain, penggunaan media educandy berpengaruh
terhadap kemampuan goi siswa kelas X SMA Negeri 6 Padang.
Actions (login required)
|
View Item |