Pemberdayaan Masyarakat Melalui Ruangan Berdaya Hidup Bagi Remaja di Desa Tikalak, Kecamatan Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman

Parhan A, Muhammad (2023) Pemberdayaan Masyarakat Melalui Ruangan Berdaya Hidup Bagi Remaja di Desa Tikalak, Kecamatan Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_MUHAMMAD_FARHAN_A_19005075_5043_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanyacovid-19yang berdampak buruk bagi masyarakat sehingga masyarakat mengalami penurunan kualitas hidup, pengangguran dan banyak remaja tidak bersekolah dan bermalas - malasan. Adanya program yang bemama ruangan berdaya hidupmembuat kegiatan - kegiatan semakin terealisasi sehingga remaja menjadi berkualitas, motivasi meningkat, dan menghasilkan dampak yang bagus dari kegiatan tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ( 1) Langkah - langkah pemberdayaan yang diberikan oleh program ruangan berdaya hidup bagi remaja akhir, (2) Bentuk - bentuk kegiatan yang diberikan program ruangan berdaya hidup kepada remaja akhir. Penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Setting penelitian dilakukan di Jorong 5, Tikalak, Nagari Tanjung Beringin, Kecamatan Lubuk Sikaping, Pasaman. Adapun sumber data dari penelitian didapat dari subjek penelitian dan informan baik yang terlibat dalam program maupun remaja dan masyarakat sekitar. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan wawancara. Adanya metode triangulasi membuat keabsahan data menjadi lebih final. Hasil penelitian menunjukan bahwa : ( 1) Adan ya langkah - langkah pemberdayaan dari program ruangan berdaya hidup seperti pengembangan potensi, penguatan potensi, dan perlindungan terhadap remaja yang berdampak positifbagi pengembangan minat dan keahlian remaja, dan tidak lupa juga pemberian pengarahan dan evaluasi bagi para remaja, (2) Kegiatan pemberdayaan seperti penyuluhan ,bertani dan berkebun diberikan kepada remaja dengan di dukung oleh masyarakat sekitar serta remaja memperoleh manfaat dari kegiatan tersebut sehingga membawa remaja kearah yang lebih baik dan penghasilan dari hasil kegiatan juga diterima oleh para remaja maupun masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNatsir, MuhammadUNSPECIFIED
CorrectorSetiawati, SetiawatiUNSPECIFIED
CorrectorAini, WirdatulUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Oct 2023 08:43
Last Modified: 17 Oct 2023 08:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47424

Actions (login required)

View Item View Item