Hubungan antara Intensitas Mengikuti dengan Tingkat Pengetahuan Agama Anggota Majelis Taklim di Andilan Kabupaten Pasaman

Marfalak, Marfalak (2023) Hubungan antara Intensitas Mengikuti dengan Tingkat Pengetahuan Agama Anggota Majelis Taklim di Andilan Kabupaten Pasaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_MARFALAK_19005026_4713_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatang belakangi oleh rendahnya tingkat pengetahuan agama anggota majelis taklim, hal ini diduga karena rendahnya keintensitasan anggota dalam mengikuti majelis taklim di masjid pusaka Andilan Kabupaten Pasaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran intensitas mengikuti majelis taklim, mengetahui gambaran tingkat pengetahuan agama anggota majelis taklim, dan melihat hubungan antara Intensitas Mengikuti dengan Tingkat Pengetahuan Agama Anggota Maj elis Taklim di Andilan Kabupaten Pasaman. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan jenis korelasional. Populasi penelitian ini adalah anggota majelis taklim Masjid Pusaka Andilan Kabupaten Pasaman yang berjumlah 42 orang. Responden penelitian ini berjumlah 32 orang dengan menggunakan teknik random sampling dalam pengambilan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan lembar tes. Teknik analisis data menggunakan skala interval dan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) intensitas anggota mengikuti majelis taklim dikategorikan masih rendah (2) tingkat pengetahuan agama masyarakt dikategorikan masih rendah dan (3) terdapat hubungan yang signifikan antara intensitas mengikuti majelis taklim dengan tingkat pengetahuan agama anggota majelis taklim di Andilan Kabupaten Pasaman. Saran penelitian ini adalah diharapkan bagi peserta agar dapat meningkatkat intensitas kehadiran mengikuti majelis taklim dan diharapkan kepada tutor/pendidik (ustadz) dan pengelola agar dapat meningkatkan kedisiplinan mengontrol dan memberikan cara fleksibel akan ke butuhan anggota.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSolfema, SolfemaUNSPECIFIED
CorrectorJalius, JaliusUNSPECIFIED
Copyright holderArini, Fitri DwiUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Oct 2023 08:43
Last Modified: 17 Oct 2023 08:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47422

Actions (login required)

View Item View Item