Hubungan Pendekatan Layanan Komunitas dengan Minat Membaca Anak Usia 7-12 Tahun di Taman Baca Ruang Baco Awak Kota Padang

Suci, Luvi Permata (2023) Hubungan Pendekatan Layanan Komunitas dengan Minat Membaca Anak Usia 7-12 Tahun di Taman Baca Ruang Baco Awak Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_LUVI_PERMATA_SUCI_17005163_5311_2023.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat baca di Taman Baca Ruang Baco Awak, Kota Padang. Hal ini diduga karena pendekatan layanan komunitas yang kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran: pendekatan layanan komunitas, minat membaca anak usia 7-12 tahun, dan hubungan antara pendekatan layanan komunitas dengan minat baca anak di Taman Baca Ruang Baco Awak, Kota Padang. Pendekatan dalam penelitian dilakukan secara kuantitatif dengan jenis korelasi. Populasi dalam penelitian yaitu: Pengujung yang datang ke Taman Baca Ruang Baco Awak Kota Padang dan Sampel yang ditentukan dalam penelitian ini berjumlah 15 orang dengan teknik pengambil sampel secara Incidental Sampling. Instrumen dalam pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data untuk menggambarkan variabel penelitian dilakukan dengan rumus persentase, dan melihat hubungan antara kedua variabel menggunakan rumus rank order Basil dalam penelitian ini menujukan bahwa: (1) Pendekatan layanan komunitas dikategorikan kurang baik; (2) Minat membaca anak usia 7-12 tahun dikategorikan rendah, (3)Terdapat hubungan antara pendekatan layanan komunitas dengan minat membaca anak usia 7-12 tahun di Taman Baca Ruang Baco Awak Patenggangan Kota Padang. Saran dalam penelitianialah sebagai berikut: (1) Komunitas di Taman Baca Ruang Baco Awak dapat melakukan pendekatan layanan dengan cara membuat hiburan dan permainan, dan buku-buku serta membuat program yang lebih kreatif lagi supaya meningkatkan kunjungan ke komunitas tersebut; (2) Kepada pengunjung hendaknya memiliki keinginan/ inisiatif diri dengan membaca dapat menambah pengetahuan baru; (3) Bagi pihak pengelola atau volunter di komunitas tersebut mesti meningkatkan pendekatan layanan secara menarik dan nyaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIsmaniar, IsmaniarUNSPECIFIED
CorrectorSuarti, VeviUNSPECIFIED
CorrectorPutri, Lili DasaUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Oct 2023 08:43
Last Modified: 17 Oct 2023 08:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47421

Actions (login required)

View Item View Item