Visualisasi Distribusi Spasial Lahan Eksploitasi dan Reklamasi Tambang Batubara Menggunakan Web-Gis (Studi Kasus Kota Sawahlunto)

Bagus, Muhamad Ikhwan (2023) Visualisasi Distribusi Spasial Lahan Eksploitasi dan Reklamasi Tambang Batubara Menggunakan Web-Gis (Studi Kasus Kota Sawahlunto). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_MUHAMAD_IKHWAN_BAGUS_18136125_500_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui persebaran lahan eksploitasi dan reklamasi tambang batu bara di Kota Sawahlunto. (2) Mengetahui luasan lahan yang terkena dampak eksploitasi dan reklamasi tambang batu bara di Kota Sawahlunto. (3) Memvisualisasikan informasi spasial lahan eksploitasi dan reklamasi tambang batu bara di Kota Sawahlunto melalui penerapan Web-GIS. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode interpretasi citra digital, survei lapangan dan pemrograman web. Teknik analisis data yang digunakan adalah Normalized Burn Ratio menggunakan citra sentinel-2 level 2A dan Kernel Density untuk mengetahui distribusi spasial lahan yang mengalami eksploitasi dan reklamasi pasca penambangan batubara dan metode waterfall dalam penyusunan WebGIS untuk visualisasi informasi spasial lahan tambang di Kota Sawahlunto. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) lahan yang mengalami eksploitasi dan reklamasi terdistribusi tinggi di wilayah administrasi Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto. (2) Luas lahan yang mengalami eksploitasi dan reklamasi pada lahan tambang di Kota Sawahlunto pada tahun 2020-2021 mengalami peningkatan, yang artinya pada rentang waktu tersebut aktivitas penambangan batubara mengalami peningkatan. (3) Visualisasi informasi spasial lahan tambang batubara di Kota Sawahlunto berhasil dibangun dan dapat dikunjungi pada alamt URL https://ikhwanmuhammad966.users.earthengine.app/view/web-gis-distribusi lahan-tambang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyarief, AzhariUNSPECIFIED
CorrectorYulfa, ArieUNSPECIFIED
CorrectorRamadhan, RiskyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: VISUALISASI DISTRIBUSI SPASIAL LAHAN EKSPLOITASI
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 17 Oct 2023 08:41
Last Modified: 17 Oct 2023 08:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47408

Actions (login required)

View Item View Item