Pengembangan Media Video Animasi Pembelajaran Seni Budaya dalam Metode Demonstrasi Kelas VIII di SMP/MTs

Rahmadayani, Sendi (2023) Pengembangan Media Video Animasi Pembelajaran Seni Budaya dalam Metode Demonstrasi Kelas VIII di SMP/MTs. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_SENDI_RAHMADAYANI_18004038_1113_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan masalah yang terdapat di MTs N egeri 2 Kaur pada mata pelajaran Seni Budaya kelas VIII, ditemukan masalah yaitu kurangnya minat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran, tidak bisa mengamati peristiwa pembelajaran secara nyata dan sulit untuk mengerti. Faktor permasalahan karena kurangnya penggunaan media pembelajaran yang dapat menampilkan gambar animasi yang berwarna, teks yang dilengkapi dengan audio agar peserta didik lebib semangat untuk belajar dan lebib mudab memabami materi pembelajaran yang disampaikan. Media video animasi dapat dijadikan alternatif untuk memperbaiki permasalaban dalam proses pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi atau bersifat lebib nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran video animasi yang valid dan praktis sesuai dengan kreteria kelayakan media dan kelayakan materi pada mata pelajaran Seni Budaya kelas VIII di MTs. Jenis penelitian yang digunakan adalab penelitian pengembangan atau dikenal dengan istilah research and development (R&D), dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Adapun prosedur pengembangan pada penelitian ini terdiri dari: (1) Analysis (Analisis), (2) Design (Perancangan), (3) Development (Pengembangan), (4) Implementation (Implementasi), (5) Evaluation (Evaluasi). Uji validitas produk media video animasi dilakukan oleb tiga orang validator yaitu dua orang validator media dan satu orang validator materi. Uji praktikalitas telab dilakukan kepada 32 orang peserta didik kelas VIII. I di MTS Negeri 2 Kaur. Hasil uji validitas produk aspek materi berada pada kategori "Sangat Valid" dengan rata-rata 4,69. Kemudian untuk aspek media berada pada pencapaian "Sangat Valid" dengan jumlab penilaian dari validator I yaitu mendapat rata-rata 4,93 dan validator II mendapat rata-rata 4,86. Selanjutnya basil uji praktikalitas media video animasi berdasarkan uji coba yang telab dilakukan berada pada kategori "Sangat Praktis" dengan basil penilaian rata-rata 4,52. Berdasarkan basil penelitian pengembangan media video animasi dipelajaran Seni Budaya Kelas VIII MTS menunjukkan babwa pengembangan ini melalui lima langkab model pengembangan ADDIE. Kesimpulan dari basil penelitian ini adalab media video animasi pada mata pelajaran Seni Budaya sudab layak digunakan dalam proses pembelaj aran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDarmansyah, DarmansyahUNSPECIFIED
CorrectorYeni, FetriUNSPECIFIED
CorrectorHendri, NofriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Oct 2023 01:25
Last Modified: 17 Oct 2023 03:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47391

Actions (login required)

View Item View Item