Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Sejarah Siswa Kelas XI di SMA Muhammadiyah 3 Padang

Yanti, Raifana Armaida (2023) Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Sejarah Siswa Kelas XI di SMA Muhammadiyah 3 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_RAIFANA_ARMAIDA_YANTI_18004213_1772_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian mengenai Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah Siswa Kelas XI Di SMA Muhammadiyah 3 Padang dilakukan dalam mengatasi permasalahan belajar yang terjadi. Permasalahan yang terjadi yaitu siswa kurang tertarik untuk belajar sejarah, guru mata pelajaran yang masih menggunakan media pembelajaran yang bersifat konvensional, guru yang menjelaskan materi dengan metode ceramah dan hasil belajar siswa yang rendah. Rumusan masalah dari permasalahan pembelajaran sejarah tersebut adalah bagaimana efektivitas penggunaan media pembelajaran interaktifterhadap hasil belajar pada mata pelajaran sejarah siswa kelas XI di SMA Muhammadiyah 3 Padang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa efektif penggunaan media pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar pada mata pelajaran sejarah siswa kelasXI di SMA Muhammadiyah 3 Padang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Desain penelitian menggunakan yaitu jenis One-Group Pretest- Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini yakni siswa kelas XI dengan sampel penelitian kelas XI. 1 di SMA Muhammadiyah 3 Padang dengan jumlah siswa 20 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yakni pertama melakukan tes awal, pemberian perlakuan, tes akhir dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan dengan membandingkan nilai pretest dan postest menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata pretest adalah 58 sedangkan rata-rata postest 86. Maka data yang diperoleh akan dianalisis dengan menggunakan uji-t dengan nilai t hitung 12.37. selanjutnya membandingkan antara t hitung dengan t tabel. Dari data, dfadalah 20- 1 = 19 dengan a 0,05 maka t tabel = 2,093. Dengan demikian t hitung > t tabel adalah 12,3 7 > 2,093. Yang berarti HO ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian penggunaan media pembelajaran interaktif efektif terhadap hasil belajar siswa kelas XI di SMA Muhammadiyah 3 Padang karena terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest dengan menggunakan media pembelajaran interaktif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEldarni, EldarniUNSPECIFIED
CorrectorHidayati, AbnaUNSPECIFIED
CorrectorZen, ZelhendriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Oct 2023 01:24
Last Modified: 17 Oct 2023 03:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47388

Actions (login required)

View Item View Item