Fauzan, Rahmat
(2023)
Pengembangan E-Modul Berbasis Gaya Belajar pada Materi
Interaksi Sosial dan Lembaga Sosial Kelas VII SMP/MTs.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian dan Pengembangan E-Modul Berbasis Gaya Belajar Pada Materi Interaksi Sosial dan Lembaga Sosial Kelas VII SMP/MTs dilakukan sebagai upaya dalam mengatasi masalah belajar siswa yaitu, kurang variasi bahan ajar yang mendukung pembelajaran mandiri, kurangnya penggunaan media elektronik serta belum tersedianya bahan ajar yang mengakomodasi gaya belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk Menghasilkan e-modul berbasis gaya belajar pada materi pada materi interaksi sosial dan lembaga sosial pada Mata Pelajaran IPS kelas VII yang valid dan praktis sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg dan Gall dengan 10 tahapan pengembangan. Uji validitas produk dilakukan oleh tiga orang validator yang terdiri atas satu orang ahli materi dan 2 orang ahli media. Ujicoba produk dilakukan kepada siswa kelas VII SMP Negeri 29 Sijunjung dengan jumlah 27 siswa untuk menguji kepraktisan produk E-Modul yang telah dirancang. Instrument yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi dan angket.
Berdasarkan hasil penilaian validator materi dan validator media,
diperoleh hasil validasi materi rata-rata 4,9 dari skala 5,0 dengan persentase 98% dikategorikan sangat valid, hasil validasi dari ahli media 1 diperoleh rata-rata sebesar 4,2 dari skala 5,0 dengan persentasi 84% dikategorikan sangat valid dan hasil validitas dari ahli media 2 diperoleh rata-rata sebesar 4,8 dengan persentasi
95% dari skala 5,0 dikategorikan sangat valid. Hasil uji praktikalitas memperoleh rata-rata 4,7 dari skala 5,0 dengan persentase 94% dikategorikan sangat praktis. Berdasarkan hasil uji validitas dan praktikalitas dapat disimpulkan bahwa E- Modul Berbasis Gaya Belajar Pada Materi Interaksi Sosial dan Lembaga Sosial Kelas VII SMP/MTs yang dikembangkan valid dan praktis sehingga layak digunakan pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VII.
Actions (login required)
|
View Item |