Alora, Jean Vicky
(2023)
Pengembangan Objek 3 D Holobox Berbasis Smartphone
pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X SMA.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Permasalahan penelitian pengembangan ini yaitu materi pembelajaran pada mata pelajaran Geografi belum sepenuhnya dipahami oleh siswa, hal ini ditandai dengan bahan ajar dan media yang digunakan belum maksimal dalam pembelajaran. Bahan ajar yang digunakan hanya menggunakan buku teks sedangkan media yang digunakan guru berupa PPT akan tetapi media PPT belum mencapai tujuan pembelajaran. Penggunaan media PPT memiliki kekurangan berupa kurangnya kemenarikan materi dalam pembelajaran yang mengakibatkan siswa mudah bosan dan tidak serius dalam pembelajaran dan kurangnya kemenarikan materi dalam pembelajaran mengakibatkan kurangnya antusias dari siswa tersebut sehingga hasil belajar siswa menjadi menurun. Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran hologram 3 Dholobox berbasis smartphone pada pembelajaran Geografi kelas X SMA yang valid, praktis, efektif.
Jenis penelitian yang digunakan Research and Development dengan model 4D (four-D). Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi media, lembar validasi materi, angket respon peserta didik dan soal efektivitas. Hasil analisis kebutuhan yaitu materi pembelajaran yang diajarkan belum sepenuhnya dipahami oleh peserta didik dan bahan ajar serta media yang digunakan belum maksimal dalam pembelajaran dengan subjek uji coba peserta kelas X SMA Adabiah 2 Padang.
Hasil penelitian ini menunjukkan hasil validasi media dengan 4,9 (98%) dengan kriteria sangat valid. Hasil dari validasi materi 4,6 (94%) dengan kriteria sangat valid. Hasil penilaian peserta didik 4,41 (88%). Hasil efektivitas didapatakan nilai t- hitung sebesar 7,66 dengan t- tabel sebesar 2,060 sehingga hasil t-hitung> t-tabel. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan siginifikan antara hasil belajar sebelum dan sesudah penggunaan media hologram 3 D untuk mata pelajaran Geografi kelas X.
Actions (login required)
|
View Item |