Cantika, Hasa
(2023)
Pengembangan Multimedia Pembelajaran pada Mata Pelajaran PKN Kelas X SMA.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian Pengembangan Multimedia Pembelajaran pada Mata Pelajaran PKN Kelas X SMA dilakukan untuk mengatasi permasalahan belajar yang terjadi. Fenomena yang terjadi yaitu siswa kurang tertarik untuk belajar, guru mata pelajaran yang masih kurang optimal dalam penggunaan media pembelajaran. Oleh sebab itu peneliti mencoba membuat multimedia pembelajaran. Multimedia pembelajaran mencakup banyak komponen seperti teks, gambar, audio serta video. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan produk multimedia menggunakan aplikasi Lectora Inspire pada mata pelajaran PKN kelas X SMA, mengetahui produk yang telah dikembangkan sudah layak dan sudah praktis penggunaannya dalam proses pembelajaran di sekolah.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan yang disebut dengan istilah Research and Development(R&D) menggunakan model ADDIE dengan 5 tahap pengembangan yaitu tahap Analysis (analisis), tahap Design (perancangan), tahap Development (pengembangan), tahap Implementation (penerapan), dan tahap Evaluation (evaluasi). Uji validitas dilakukan kepada 3 orang yaitu 2 validator media dan 1 validator materi. Uji praktikalitas dilakukan kepada 30 responden yaitu peserta didik kelas X di SMA Negeri 6 Padang. Data di analisis seacara deskriptif kuantitatif dengan mengakulasi persentase dari setiap sub variabel.
Berdasarkan hasil penilaian oleh kedua validator media memperoleh skor rata-rata sebesar 4,78 yang dikategorikan "sangat valid". Hasil validasi penilaian dari validator materi memperoleh rata-rata sebesar 4,8 yang dikategorikan "sangat valid". Hasi uji praktikalitas produk oleh peserta didik memperoleh rata-rata sebesar 4,60 yang dikategorikan " sangat praktis". Jadi berdasarkan hasil penilaian validitas dan praktikalitas produk maka dapat disimpulkan bahwa produk valid dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran PKN.
Actions (login required)
|
View Item |