Analisis Teks Deskripsi Karya Siswa SMP

Meiliyani, Windi (2023) Analisis Teks Deskripsi Karya Siswa SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_WINDI_MEILIYANI_17016124_3239_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Pelepat Ilir dan mendeskripsikan unsur kebahasaan teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Pelepat Ilir. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah karangan siswa kelas VII SMP Negeri 4 Pelepat Ilir yang berjumlah 98 orang dengan sampel 30 siswa. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan instrumen pendukung berupa buku yang berhubungan dengan teori analisis keterampilan menulis, teks deskripsi, PUEBI, dan KBBI. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi dokumentasi. Teknik pengabsahan data dalam penelitian ini adalah triangulasi. Langkah-langkah menganalisis data adalah membaca dan memahami data, menandai bagian-bagian data, menginventarisasi data, menganalisis data dan menyimpulkan data. Hasil penelitian ini adalah pertama, tulisan teks deskripsi siswa sudah cukup jelas memberi gambaran umum tentang objek yang diceritakan dalam teks objek. Dimana teks deskripsi yang dibuat siswa sudah ada yang membuat peryataan mengambarkan objek, peryataan menarik, dan penggunaan kata sifat. Kejelasan deskripsi bagian dari sebagian teks deskripsi siswa juga sudah cukup baik. Teks deskripsi siswa cukup bisa mengambarkan suasana atau bentuk objek seperti kesan penulis mengenai objek yang dilihat. Kedua, unsur kebahasan sebagian besar teks deskripsi yang dibuat siswa sudah terdiri dari beberapa kalimat. Kalimat dalam teks deskripsi siswa terdiri dari kategori unsur subjek-prediket, subjek-prediket-objek, subjek-prediket-pelengkap, subjek-prediket-objek-keterangan, subjek-prediket-objek-pelengkap, subjek-prediket-pelengkap-keterangan, dan subjek-predikat-objek-pelengkap-keterangan. Penggunaan unsur kebahasan yang banyak salah dalam teks deskripsi siswa adalah penggunaan tanda baca dan pemakaian huruf kapital. Secara keseluruhan, kesalahan paling banyak ditemukan pada indikator ketepatan ejaan bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAtmazaki, AtmazakiUNSPECIFIED
CorrectorNursaid, NursaidUNSPECIFIED
CorrectorNoveria, EnaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: TEKS DESKRIPSI KARYA SISWA
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 16 Oct 2023 05:08
Last Modified: 16 Oct 2023 05:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47360

Actions (login required)

View Item View Item