Pengembangan Multimedia Interaktif Hubungan Antar Garis dengan Macromedia Flash 8 untuk Kelas IV SD

Ayunda, Yori Sri (2022) Pengembangan Multimedia Interaktif Hubungan Antar Garis dengan Macromedia Flash 8 untuk Kelas IV SD. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_Yori_Sri_Ayunda_17129444_1207_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Multimedia merupakan gabungan dari beberapa media teks, gambar, suara serta animasi yang dapat dimanfaatkan sebagai penyampai pesan. Tetapi guru kurang menggunakan multimedia interakif dalam proses pembelajaran. Oleh sebab itu, permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah kevalidan dan kepraktisan pengembangan multimedia interaktif hubungan antar garis dengan Macromedia Flash 8 untuk kelas IV SD?”. Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif hubungan antar garis dengan Macromedia Flash 8 untuk kelas IV SD yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) dengan model pengembangan ADDIE. Model ADDIE mempunyai lima tahap, yaitu tahap analisis (Analysis), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap penerapan (implementation) dan tahap evaluasi (evaluation). Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 12 Pisang. Multimedia interaktif dirancang dan divalidasi oleh validator kemudian diujicobakan di Kelas IV SD Negeri 12 Pisang untuk mengetahui praktikalitas multimedia interaktif yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, diperoleh hasil tingkat kevalidan multimedia interaktif dengan jumalah nilai keseluruhan yaitu 90,34% dengan kategori sangat valid. Selanjutnya hasil uji coba praktikalitas multimedia interaktif pada angket respon guru mendapat nilai 94,54% dengan kategori sangat praktis. Sedangkan hasil praktikalitas pada angket respon peserta didik mendapat nilai 96,17% dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian multimedia intaraktif hubungan antar garis dengan Macromedia Flash 8 untuk kelas IV SD yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFitria, YantiUNSPECIFIED
CorrectorAhmad, SyafriUNSPECIFIED
CorrectorZaiyasni, ZaiyasniUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 16 Oct 2023 03:22
Last Modified: 16 Oct 2023 03:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47353

Actions (login required)

View Item View Item