Febrina, Rahayu
(2022)
Pemanfaatan Teknologi Komputer dalam Proses Pembelajaran Anak Usia Dini Pada Masa New Normal di Taman Kanak kanak Kristen Kalam Kudus Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
D-19, yang mengharuskan untuk berjaga jarak dan kegiatan publik beralih
di rumah. Anak usia dini yang menjadi salah satu korban, mereka diliburkan, dan
diganti belajar dari rumah (BDR), atau online. Penggunaan teknologi komputer
saat belajar dari rumah (BDR) atau online membantu anak menerima
pembelajaran dari guru, dan tetap di awasi oleh orang tua. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui lebih lanjut tentang perencanaan, pelaksanaan, dan
evaluasi yang dilakukan oleh guru dalam pemanfaatan teknologi komputer dalam
proses pembelajaran anak usia dini pada masa new normal di Taman Kanak-kanak
Kristen Kalam Kudus Padang.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan
kualitatif, dimana hasil penelitian tidak berbentuk angka melainkan berbentuk
kalimat. Observasi dan wawancara, serta dokumentasi dipakai guna proses
pengumpulan data pada penelitian ini. Dan juga teknik analisis dan interprestasi
data dilaksanakan dengan langkah seperti, mengumpulkan data, pemaparan data,
serta memberikan kesimpulan terhadap hasil yang didapatkan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemanfaatan Teknologi Komputer
Dalam Proses Pembelajaran Anak Usia Dini Pada Masa New Normal di Taman
Kanak-kanak Kristen Kalam Kudus Padang Tahun ajaran 2021/2022 sudah
terlaksana dengan baik. Pada perencanaan yang dilakukan guru dalam
mengembangkan atau merancang bagian materi pembelajarannya (RPPM dan
RPPH) dan menyesuaikan dengan indikator yang telah ada sesuai kondisi saat
sekarang ini, dengan menggunakan media yaitu laptop serta perangkatnya, dan
wakom untuk membantu guru menulis agar proses pembelajaran dapat berjalan
dengan baik. Dalam pelaksanaan guru memilih aplikasi yang bisa digunakan,
yaitu Google Meet dan bentuk tugas yang diberikan berupa Worksheet yang dibuat
oleh guru sesuai kegiatan anak dalam minggu itu. Pada evaluasi yang dilakukan
guru, yaitu melihat dan meninjau sejauh mana pencapaian perkembangan yang
telah dilalui anak, dan melihat hasil belajar anak melalui aplikasi Google Meet.
Actions (login required)
|
View Item |