Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Melalui Model Inkuiri di Kelas IV SD N 27 Anak Air Padang

Jaswinda, Yola (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Melalui Model Inkuiri di Kelas IV SD N 27 Anak Air Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_Yola_Jaswinda_17129101_1598_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik yang rendah karena pembelajaran belum terlaksana dengan tuntunan pembelajaran tematik terpadu, sehingga siswa kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran dan siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran karena rendahnya rasa ingin tahu siswa dalam mencari, menemukan dan memecahkan masalah terhadap materi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model inkuiri di kelas IV SDN 27 Anak Air Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Di setiap siklus memiliki empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik yang berjumlah 27 orang, terdiri dari 15 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumen analisis, observasi, tes, dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar mengalami peningkatan. Rata-rata nilai RPP siklus I yaitu 81,94% (B) dan pada siklus II meningkat menjadi 94,44% (A). Rata-rata nilai pelaksanaan aktivitas guru siklus I yaitu 84,37% (B) dan meningkat pada siklus II yaitu 93,75% (A). Rata-rata nilai aktivitas peserta didik siklus I 84,37% (B) meningkat pada siklus II 96,87% (A). Rata-rata hasil belajar siklus I 79,52 (C) dan meningkat pada siklus II 92,98 (A). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Inkuiri dapat meningkatkan pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSukma, ElfiaUNSPECIFIED
CorrectorFitria, YantiUNSPECIFIED
CorrectorReinita, ReinitaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 16 Oct 2023 03:21
Last Modified: 16 Oct 2023 04:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47350

Actions (login required)

View Item View Item