Jaswinda, Yola
(2022)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Melalui Model Inkuiri di Kelas IV SD N 27 Anak Air Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik yang rendah
karena pembelajaran belum terlaksana dengan tuntunan pembelajaran tematik
terpadu, sehingga siswa kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran dan
siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran karena rendahnya rasa ingin
tahu siswa dalam mencari, menemukan dan memecahkan masalah terhadap materi
pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil
belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan
model inkuiri di kelas IV SDN 27 Anak Air Kota Padang.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua
siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan.
Di setiap siklus memiliki empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik yang
berjumlah 27 orang, terdiri dari 15 orang laki-laki dan 12 orang perempuan.
Teknik pengumpulan data menggunakan dokumen analisis, observasi, tes, dan
non tes.
Hasil penelitian menunjukkan perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar
mengalami peningkatan. Rata-rata nilai RPP siklus I yaitu 81,94% (B) dan pada
siklus II meningkat menjadi 94,44% (A). Rata-rata nilai pelaksanaan aktivitas
guru siklus I yaitu 84,37% (B) dan meningkat pada siklus II yaitu 93,75% (A).
Rata-rata nilai aktivitas peserta didik siklus I 84,37% (B) meningkat pada siklus II
96,87% (A). Rata-rata hasil belajar siklus I 79,52 (C) dan meningkat pada siklus
II 92,98 (A). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Inkuiri dapat
meningkatkan pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar.
Actions (login required)
|
View Item |