Pengaruh Media Pembelajaran Teknologi Augmented Reality (AR) Pada Tematik Terpadu Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Kelas IV SDN 005 Langgini

Claudya, Tifanni (2022) Pengaruh Media Pembelajaran Teknologi Augmented Reality (AR) Pada Tematik Terpadu Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Kelas IV SDN 005 Langgini. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_Tifanni_Claudya_17129092_60_2022.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena belum adanya media pembelajaran baru yang berbasis teknologi pada proses pembelajaran tematik terpadu. Media yang terdapat di sekolah berupa buku ajar dan gambar, sehingga peserta didik jenuh didalam belajar dan menurunnya hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Augmented Reality (AR) pada tematik terpadu terhadap hasil belajar peserta didik dikelas IV SDN 005 Langgini Kecamatan Bangkinang. Jenis penelitian adalah kuantitatif dalam bnetuk quasi eksperimen design. Dengan desain Nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas IV Gugus 2 Kecamatan Bangkinang dan terpilihlah kelas IV A dan IV B SDN 005 Langgini sebagai sampel. Kelas IV A sebagai kelas kontrol dan kelas IV B sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian diperolah nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 80,00 dengan standar deviasi yaitu 8,18 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 72,22 dengan standar deviasi yaitu 8,17. Berdasarkan perhitungan uji-t (t-test) diperoleh thitung 3,1966 Sedangkan ttabel pada taraf kepercayaan α 0,05 adalah 2,017 sehingga thitung > ttabel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifkan penggunaan media pembelajaran teknologi Augmented Reality (AR) pada tematik terpadu terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV SDN 005 Langgini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorLena, Mai SariUNSPECIFIED
CorrespondentYunisrul, YunisrulUNSPECIFIED
CorrectorZaiyasni, ZaiyasniUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 16 Oct 2023 02:28
Last Modified: 16 Oct 2023 02:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47347

Actions (login required)

View Item View Item